PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI SENI RUPA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AL ISHMAH KELAS 8

MUHAMMAD HANIF AMAR ABDUL KARIM, . (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI SENI RUPA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AL ISHMAH KELAS 8. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi seni rupa dalam mata pelajaran Seni Budaya untuk kelas 8 di Sekolah Islam Terpadu Al Ishmah. Pengembangan LKPD ini dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, mendukung pemahaman konsep seni rupa, dan memfasilitasi pembelajaran dalam kelas untuk menunjang buku tematik. Penelitian ini menggunakan metode 4D menurut Thiagarajan dan Semmel, dimana tahap tahap yang dilakukan meliputi Devine, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil pengembangan LKPD ini telah divalidasi oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan diuji coba secara terbatas pada siswa kelas 8. Validasi menunjukkan bahwa LKPD memiliki kualitas sangat baik dari segi isi, bahasa, dan keterpaduan dengan nilai-nilai Islami. Produk yang dikembangkan telah melalui tahap evaluasi formatif oleh para ahli dan pengguna. Hasil expert review (ahli materi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran) melalui wawancara menyatakan produk ini sudah baik dari berbagai aspek dengan diberikan sedikit perbaikan. Hasil uji coba small group evaluation melalui skala penilaian memperoleh rata-rata nilai keseluruhan 3.76 (Sangat Baik).Respon siswa terhadap LKPD juga sangat positif, dengan 92% menyatakan LKPD membantu mereka belajar lebih mudah dan menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD ini telah memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut pada materi seni budaya lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara holistik. ***** This research aims to develop a Student Worksheet (LKPD) on fine arts material in the Arts and Culture subject for class 8 at the Al Ishmah Integrated Islamic School. The development of this LKPD was carried out to increase students' active involvement in the learning process, support understanding of fine arts concepts, and facilitate classroom learning to support thematic books. This research uses the 4D method according to Thiagarajan and Semmel, where the stages carried out include Devine, Design, Develop, and Disseminate. The results of the development of this LKPD have been validated by material experts, learning design experts, and tested on a limited basis on grade 8 students. Validation shows that the LKPD has very good quality in terms of content, language, and integration with Islamic values. The product developed has gone through a formative evaluation stage by experts and users. The results of expert reviews (experts on learning materials, learning design and learning media) through interviews stated that this product was good from various aspects with slight improvements. The results of the small group evaluation trial using an assessment scale obtained an average overall score of 3.76 (Very Good). Students' responses to the LKPD were also very positive, with 92% stating that the LKPD helped them learn more easily and more happily. Thus, it can be concluded that this LKPD has good quality and is suitable for use in learning Arts and Culture. This research recommends further development of other arts and culture materials to improve the quality of learning holistically.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyadi, M.Pd. 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Kesenian > Seni Patung dan Pahat
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 26481 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:43
Last Modified: 24 Feb 2025 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53326

Actions (login required)

View Item View Item