PENGEMBANGAN MODUL HYPERCONTENT PADA MATA KULIAH MANAJEMEN PENYIARAN RADIO DAN TELEVISI UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ

ULYA NIDHMALINDA UMAGAPI, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL HYPERCONTENT PADA MATA KULIAH MANAJEMEN PENYIARAN RADIO DAN TELEVISI UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa modul hypercontent pada mata kuliah Manajemen Penyiaran Radio dan Televisi (MPRTV) untuk mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Produk modul hypercontent ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu bahan ajar yang sebelumnya digunakan masih kurang memfasilitasi pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan Rapid Prototyping yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Asses Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype, Utilize Prototype, dan Install & Maintain System. Hasil dari penelitian ini adalah modul hypercontent dengan format PDF untuk mata kuliah Manajemen Penyiaran Radio dan Televisi dengan topik Konsep Dasar Penyiaran di Era Digital. Produk ini telah melalui expert review dan revisi sebelum diuji coba kepada pengguna yang merupakan mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2020, 2021, dan 2022. Expert review yang dilakukan terdiri dari ahli materi dan ahli media, uji coba pengguna terbagi menjadi 2 tahap yaitu uji coba one to one yang melibatkan 3 orang mahasiswa dan uji coba small group yang melibatkan 9 orang mahasiswa. Setelah mendapatkan hasil positif dari para pengguna, maka dapat disimpulkan bahwa produk berupa modul hypercontent dinyatakan layak untuk digunakan. ***** This development research aims to develop a learning product in the form of a hypercontent module in the Radio and Television Broadcasting Management (MPRTV) course for undergraduate students of Educational Technology, Jakarta State University. This hypercontent module product was developed based on the problems that occurred, namely that the teaching materials previously used were still lacking in facilitating learning. The development model used in this study is the Rapid Prototyping development model which consists of 5 stages, namely Assess Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype, Utilize Prototype, and Install & Maintain System. The results of this study are hypercontent modules in PDF format for the Radio and Television Broadcasting Management course with the topic of Basic Concepts of Broadcasting in the Digital Era. This product has gone through expert review and revision before being tested on users who are students of Educational Technology batches 2020, 2021, and 2022. The expert review consisted of material experts and media experts, user trials were divided into 2 stages, namely one-to-one trials involving 3 students and small group trials involving 9 students. After getting positive results from users, it can be concluded that the product in the form of a hypercontent module is declared suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R.A. Murti Kusuma Wirasti, S.IP., M.Si. ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 26740 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:25
Last Modified: 24 Feb 2025 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53374

Actions (login required)

View Item View Item