EVALUASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN BENDAHARA PENGELUARAN DI BPSDM PROVINSI DKI JAKARTA

SITI NURJIHAN AGUSTIN, . (2025) EVALUASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN BENDAHARA PENGELUARAN DI BPSDM PROVINSI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media video pembelajaran telah digunakan dalam kegiatan belajar pada pelatihan Bendahara Pengeluaran di BPSDM Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2020. Adanya perubahan dan perkembangan zaman, membuat media video tersebut perlu dievaluasi untuk menilai kelayakan terkait kualitas dan efektivitas media video pembelajaran pada pelatihan Bendahara Pengeluaran. Oleh karena itu, penelitian evaluasi ini dilakukan dengan tujuan untuk menilai kelayakan dari media video pembelajaran melalui penilaian para ahli dan analisis dampak terhadap pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi sumatif yang dikembangkan oleh Michael Scriven. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari proses evaluasi, ahli materi menilai video 1 mendapat persentase sebesar 71% (baik), video 2 mendapat persentase sebesar 82% (sangat baik), video 3 mendapat persentase sebesar 81% (sangat baik), dan video 4 mendapat persentase sebesar 81% (sangat baik). Kemudian ahli media menilai video 1 dengan persentase sebesar 33% (kurang baik), video 2 mendapat persentase sebesar 37% (kurang baik), video 3 mendapat persentase sebesar 40% (kurang baik), dan video 4 mendapat persentase sebesar 41% (cukup). Selanjutnya ahli desain pesan pembelajaran menilai video 1 dengan persentase sebesar 37% (kurang baik), video 2 mendapat persentase sebesar 39% (kurang baik), video 3 mendapat persentase sebesar 35% (kurang baik), dan video 4 mendapat persentase sebesar 33% (kurang baik). Terakhir, penilaian pengguna terhadap video 1 mendapat persentase sebesar 85% (sangat baik), video 2 mendapat persentase sebesar 87% (sangat baik), video 3 mendapat persentase sebesar 86% (sangat baik), dan video 4 mendapat persentase sebesar 87% (sangat baik). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukan bahwa secara kualitas materi video dapat dikatakan sangat baik dan memberikan dampak positif bagi pengguna. Sehingga, media video pembelajaran pada pelatihan Bendahara Pengeluaran layak untuk digunakan. ***** The implementation of video-based learning media has been utilized in the training of Bendahara Pengeluaran at the BPSDM of DKI Jakarta Province since 2020. Given the ongoing changes and advancements of the times, it is necessary to evaluate the video-based learning to assess the feasibility related to the quality and effectiveness of the video-based learning in the training of Bendahara Pengeluaran. Therefore, this evaluation study is conducted with the aim of assessing the suitability of the video-based learning media through experts assessment and analysis of the impact on users. The research method employed was an evaluative study utilizing Michael Scriven's summative evaluation model. Based on the data obtained from the evaluation process, the material experts rated video 1 at 71% (good), video 2 at 82% (excellent), video 3 at 81% (excellent), and video 4 at 81% (excellent). Subsequently, the media experts rated video 1 at 33% (deficient), video 2 at 37% (deficient), video 3 at 40% (deficient), and video 4 at 41% (sufficient). Furthermore, the instructional message design experts rated video 1 at 37% (deficient), video 2 at 39% (deficient), video 3 at 35% (deficient), and video 4 at 33% (deficient). Finally, the user evaluation of video 1 was 85% (excellent), video 2 was 87% (excellent), video 3 was 86% (excellent), and video 4 was 87% (excellent). Based on the evaluation results, it shows that the material quality of the videos are excellent and have a positive impact on users. Thus, video-based learning in the training of Bendahara Pengeluaran is feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Diana Ariani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Siti Nurjihan Agustin .
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:02
Last Modified: 25 Feb 2025 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53443

Actions (login required)

View Item View Item