RUTH RENATHA SIAHAAN, . (2025) PENGARUH CEO NARCISSISM TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2019-2022). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1_Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB 2_Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CEO Narcissism terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019-2022. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu CEO Narcissism yang diproksikan dengan ukuran foto CEO dalam laporan tahunan perusahaan, jumlah sosial media yang dimiliki CEO, dan ukuran tanda tangan CEO. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan perusahaan perbankan yang diproksikan menggunakan rasio Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), dan Net Interest Margin (NIM). Pada penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol berupa ukuran perusahaan, umur perusahaan dan Debt to Asset Ratio (DAR). Jumlah sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 perusahaan dengan rentang waktu pengamatan selama 4 tahun sehingga menghasilkan observasi sebanyak 156 sampel. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa narsisme CEO yang diukur menggunakan ukuran foto CEO pada laporan tahunan, jumlah sosial media yang dimiliki CEO, dan ukuran tanda tangan CEO tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur baik menggunakan rasio ROE, ROA, maupun NIM. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu jangka waktu pada sampel penelitian yang digunakan relatif singkat dan sampel yang digunakan hanya perusahaan perbankan sehingga pada penelitian selanjutnya diharapkan memperpanjang waktu penelitian dan menambah sampel perusahaan dengan menggunakan sampel dari sektor lain. Kata Kunci: CEO Narcissism, Kinerja Keuangan, Perbankan, Teori Eselon Atas, Teori Keagenan ***** This study aims to determine the effect of CEO Narcissism on the financial performance of banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2019-2022. The independent variable used in this study is CEO Narcissism which is proxied by the size of the CEO's photo in the company's annual report, the number of social media owned by the CEO, and the size of the CEO's signature. While the dependent variable used in this study is the financial performance of banking companies which is proxied using the Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), and Net Interest Margin (NIM) ratios. This study also uses control variables in the form of company size, company age and Debt to Asset Ratio (DAR). The number of company samples used in this study were 39 companies with an observation time span of 4 years, resulting in 156 sample observations. The sampling method used is purposive sampling. This study uses panel data regression analysis. The model used in this study is panel data regression with the Random Effect Model (REM) approach. The results of this study indicate that CEO narcissism as measured using the size of the CEO's photo in the annual report, the number of social media owned by the CEO, and the size of the CEO's signature have no significant effect on financial performance as measured using either ROE, ROA, or NIM ratios. This study has limitations, namely the time period in the research sample used is relatively short and the sample used is only banking companies so that further research is expected to extend the research time and increase the sample of companies using samples from other sectors. Keywords: CEO Narcissism, Financial Performance, Banking, Upper Echelon Theory, Agency Theory
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Suherman, M.Si. ; 2). Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.S.M. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Keuangan Manajemen > Manajemen , Business Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FE > S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 26970 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:12 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |