SHIFA SONYA NUR AMANDA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN KENARI 08. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (46)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap demokratis dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran VCT pada peserta didik kelas V-B SDN Kenari 08 Jakarta Pusat semester 1 tahun ajaran 2024-2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan September-November 2024 dengan III siklus dalam Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan Siklus II maupun Siklus III dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V-B yang berjumlah 22 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Metode penelitian didesain oleh Kemmis & Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah sikap demokratis peserta didik mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 72,73% menjadi 77,27% pada Siklus II kemudian meningkat menjadi 81,82% pada Siklus III. Penerapan model pembelajaran VCT juga meningkat dari Siklus I persentase pencapaian tindakan guru sebesar 74,35% dan persentase peserta didik 71,10%, meningkat pada Siklus II pada tindakan guru sebesar 88,46% dan tindakan peserta didik 80%, kemudian meningkat lagi pada Siklus III tindakan guru sebesar 96,15% dan persentase peserta didik 93,33%. Dapat disimpulkan dari hasil analisis data bahwa penggunaan model pembelajaran VCT mampu meningkatkan sikap demokratis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V-B SDN Kenari 08 Jakarta Pusat. ***** This study aims to improve the democratic attitude of Pancasila Education content using the VCT learning model in class V-B students of SDN Kenari 08 Central Jakarta semester 1 of the 2024-2025 academic year. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) which was carried out in September-November 2024 with III cycles in Cycle I consisting of 3 meetings and Cycle II and Cycle III were carried out in 2 meetings. The study subjects were 22 class V-B students comprised of 11 boys and 11 girls. The research method was designed by Kemmis & Taggart which consisted of the planning, implementation and observation stages, and reflection. Based on the research results obtained, the democratic attitude of students increased from Cycle I by 72.73% to 77.27% in Cycle II then increased to 81.82% in Cycle III. The implementation of the VCT learning model also increased from Cycle I, with the percentage of teacher action achievement at 74.35% and the percentage of students at 71.10%, increased in Cycle II in teacher action of 88.46% and student action of 80%, then increased again in Cycle III teacher action of 96.15% and the percentage of students 93.33%. It can be concluded from the results of the data analysis that the use of the VCT learning model can improve the democratic attitude of students in the Pancasila Education subject in class V-B SDN Kenari 08 Central Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 26722 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:53 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |