SOCIAL PRESENCE (KEHADIRAN SOSIAL) PADA KOMUNITAS THE LANGUAGE SLOTH DI APLIKASI DISCORD

ANIS SATRIO FADLURRAHMAN, . (2025) SOCIAL PRESENCE (KEHADIRAN SOSIAL) PADA KOMUNITAS THE LANGUAGE SLOTH DI APLIKASI DISCORD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai social presence pada komunitas virtual yang mendasari pembelajaran bahasa dalam lingkup digital. Selain itu penelitian ini juga betujuan untuk menjelaskan mengenai komunitas The Language Sloth yang berperan sebagai ruang publik edukasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan platform komunikasi Discord sebagai medium utama pengamatan penelitian. Subjek pada penelitian ini terdiri dari tujuh anggota komunitas The Language Sloth yang aktif terlibat dalam kegiatan, kepengurusan atau pembelajaran bahasa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan survei yang digunakan sebagai data pelengkap. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan teori social presence. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2024. Lokasi penelitian memanfaatkan platform aplikasi Discord. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota dari komunitas The Language Sloth telah membentuk social presence yang cukup signifikan untuk dapat memperoleh pembelajaran bahasa dengan efektif melalui berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas The Language Sloth. Penelitian ini memaparkan konsep dari social presence dapat diaplikasikan pada platform edukasi non formal, aktivitas anggota pada komunitas The Language Sloth menunjukkan komunitasnya dapat menjadi wadah edukasi publik digital karena terbentuk social presence di dalamnya sehingga dapat memberikan lingkungan edukasi digital yang efektif. ***** This study aims to provide an understanding of social presence in virtual communities that underlies language learning in the digital context. In addition, the study also aims to explain the role of the Language Sloth community as an educational public space. This study uses a qualitative approach, with a case study research method conducted online using the Discord communication platform as the main medium of research observation. The subjects of this study consisted of seven members of the Language Sloth community who were actively involved in activities, management, or language learning. Data collection was carried out through observation, interviews, documentation, and surveys that were used as complementary data. Gathered data will be analyzed with social presence theory. The research time was conducted from July to October 2024. The research location used the Discord application platform. The results of this study indicate that members of The Language Sloth community have established a significant social presence, enabling effective language learning through various activities organized by the community. This research demonstrates how the concept of social presence can be applied to non-formal educational platforms. The activities of The Language Sloth members show that the community can serve as a digital public education platform, as the formation of social presence within it fosters an effective digital educational environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen, M.Hum. ; 2). Abdul Rahman Hamid, M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Anis Satrio Fadlurrahman .
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:53
Last Modified: 03 Mar 2025 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54053

Actions (login required)

View Item View Item