PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI INDUSTRI MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI

ABDULLAH MUZAKAR, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI INDUSTRI MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil hasi belajar sosiologi industri mahasiswa program studi pendidikan sosiologi Universitas Hamzanwadi Selong yang belajar menggunakan strategi pembelajaran group investigation dan strategi pembelajaran direct instruction. Desain penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Dalam desain tersebut variabel bebas terdiri dari strategi pembelajaran group investigation dan strategi pembelajaran direct instruction (A). Variabel bebas atribut diklasifikasikan menjadi 2 yaitu yaitu berfikir kritis tinggi dan berfikir kritis rendah (B).Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistik inferensial yaitu analisis varians (ANAVA) dua jalur 2 x 2 dan dilanjutkan uji t Dunnet. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan: 1). Hasil belajar sosiologi industri mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran group investigation lebih tinggi dibanding dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct intruction. 2). Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar sosiologi industri. Interaksi dalam hal ini juga dapat diartikan sebagai pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar sosiologi industri yang bergantung pada kemampuan berfikir kritis. 3). Hasil belajar sosiologi industri mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran group investigation lebih besar dibandingkan dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct instruction. 4). Hasil belajar sosiologi industri mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis rendah dan dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran group investigation tidak berbeda secara signifikan dari mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct instruction. This study aims at obtaining data in students’ sociology industry learning achievement of sociology education department at Hamzanwadi University who were taught using group investigation learning strategies and direct instruction learning strategies. The research design was a treatment design by level 2 x 2. This design, the independent variables consist of group investigation learning strategies and direct instruction (A) learning strategies. The attribute independent variable was classified into 2 groups namely high critical thinking and low critical thinking (B). In Testing Hypothesis, inferential statistics was used namely the analysis of variance (ANAVA) of 2x2 and it was used the Dunnet t-test. Based on the findings, It can be concluded that: 1). students’ sociology industry learning achievement taught using group investigation learning strategies was higher than those taught using direct instruction learning strategies. 2). There was an interaction effect between learning strategies and critical thinking on the students’ sociology industry learning achievement. The interaction can also be interpreted as the effectiveness of students’ sociology industry learning achievement that depends on the ability to think critically. 3). The students’ sociology industry learning achievement having high critical thinking taught using group investigation learning strategies was higher than those taught using direct instruction learning strategies. 4). The students’ sociology industry learning achievement having high low critical thinking taught using group investigation learning strategies was not significantly diffrent from those taught using direct instruction learning strategies.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. ; 2). Dr. Priyono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1825 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2020 19:21
Last Modified: 09 Apr 2020 15:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5470

Actions (login required)

View Item View Item