PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI

KARENIA SALMA ADILA, . (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Lampiran (59)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri Mampang Prapatan 02 Pagi. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar Peserta Didik, lembar observasi pendidik dan penilaian aktivitas Peserta Didik untuk mengetahui kegiatan guru dan Peserta Didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar. Data hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siklus I mencapai 70% yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKTP). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87% yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKTP) dan akhirnya telah memenuhi kriteria ketercapaian yang ditetapkan yaitu 80%. ***** This study aims to improve the learning outcomes of students in Natural Sciences (IPA) subjects by using the Problem Based Learning (PBL) learning model in class V SD Negeri Mampang Prapatan 02 Pagi. The classroom action research model used in this study is the Kemmis and Mc. Taggart model. The Classroom Action Research (PTK) method uses a cycle system consisting of planning, implementation, action, observation, and reflection. This research was carried out in 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings and applying the Problem Based Learning (PBL) learning model. The assessment used in this study is a test technique to determine the learning outcomes of students, educator observation sheets and student activity assessments to determine the activities of teachers and students during the learning process. The results showed an increase in the percentage of learning outcomes assessment. Data on learning outcomes in science learning in cycle I reached 70% who achieved a score ≥ 70 (KKTP score). In cycle II, it increased to 87% who achieved a score ≥ 70 (KKTP score) and finally met the established achievement criteria of 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd; 2). Dr.Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26636 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 05:57
Last Modified: 05 Mar 2025 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54701

Actions (login required)

View Item View Item