PENGEMBANGAN PANDUAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA FABEL INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI

RIZKI FEBRIANDANI, . (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA FABEL INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (13)_compressed.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I_Pendahuluan_compressed.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II_Landasan Teori_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_Metodologi_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_Hasil dan Pembahasan_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_ Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka (1)_compressed.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup (4)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai model pembelajaran sains yang diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini sebagai upaya dalam menstimulasi perkembangan literasi sains anak. Di indonesia khususnya di tempat penelitian ini dilakukan guru mengimplementasikan kegiatan belajar sains seperti kegiatan di jenjang sekolah dasar yang berfokus pada capaian akademik, dibandingkan dengan bagaimana konsep sains itu diperkenalkan melalui kegiatan bermain yang anak lakukan. Ternyata guru memerlukan informasi bagaimana mengenalkan konsep sains melalui kegiatan bermain anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk panduan model pembelajaran berbasis cerita fabel Indonesia, sebagai salah satu upaya peneliti membantu guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sains yang lebih baik bagi anak usia dini melalui media yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif serta uji efektivitas produk dengan one group pre-posttest. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa model pembelajaran berbasis panduan mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan literasi sains anak. Penggunaan buku cerita dalam kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan bagi anak untuk memperoleh pengetahuan baru melalui cara yang menyenangkan. Selain itu, eksperimen berbasis cerita fabel terbukti menarik minat anak terhadap sains dengan pendekatan eksploratif yang berbeda dari metode tradisional. Peran guru juga sangat penting dalam menciptakan situasi imajinasi kolektif yang memungkinkan anak menikmati proses belajar sambil bermain, sehingga pengalaman belajar menjadi lebih efektif dan bermakna.***** Science learning models have been widely applied in early childhood education as an effort to stimulate children's scientific literacy development. In Indonesia, particularly in the context of this study, teachers tend to implement science learning activities resembling those in primary schools, with a focus on academic outcomes rather than introducing scientific concepts through engaging, play-based activities. This highlights the need for resources that guide teachers on how to effectively introduce science concepts through play. This study aims to develop a learning model guide based on Indonesian fables as a resource to help teachers deliver more engaging and effective science learning experiences for early childhood using contextually relevant media. The research employs the Research and Development (R&D) method with the ADDIE framework (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) and utilizes both quantitative and qualitative data analysis, alongside product effectiveness testing using a one-group pre-posttest design. The results indicate that guided learning models foster a supportive learning environment that enhances children's scientific literacy. Incorporating storybooks into the learning process allows children to gain new knowledge in an enjoyable and meaningful way. Additionally, experiments rooted in fable narratives have proven effective in sparking children’s interest in science through exploratory and creative approaches, deviating from traditional worksheet-based methods. Furthermore, teachers play a crucial role in creating collective imagination scenarios that enable children to fully engage in learning through play, making the experience was both impactful and enjoyable.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd.; 2). Ade Dwi Utami, M.Pd., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rizki Febriandani .
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:21
Last Modified: 06 Mar 2025 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54812

Actions (login required)

View Item View Item