SOFIE MAULIDA FAZA, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-5 MELALUI MEDIA ROLET ANGKA PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (977kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan siswa hambatan intelektual pada mata pelajaran matematika khususnya pada lambang bilangan 1-5 dikelas IV dan V Fase C di SLB B-C Bina Karya Insani melalui media rolet angka. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang siswa dengan hambatan intelektual. Design penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan MC Taggert yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diambil berdasarkan pengamatan, evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh setelah diberikan tindakan dalam pembelajaran menggunakan media rolet angka, kemampuan mengenal lambang bilangan siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil evaluasi dan observasi yang diperoleh tingkat keberhasilan pada siklus 1 yaitu sebesar 50% dengan predikat ”kurang” yang artinya pada ke-4 siswa, baru 2 dari 2 siswa yang mendapatkan hasil persentase minimum yang ditetapkan. Kemudian meningkat kembali pada siklus II yaitu tingkat keberhasilannya sebesar 100% dengan predikat ”sangat baik” yang artinya 4 dari 4 siswa sudah mendapatkan hasil persentase minimum yang ditetapkan. Dengan demikian, pembelajaran melalui media rolet angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-5 siswa kelas IV dan V Fase C di SLB B-C Bina Karya Insani. ***** This research aims to improve the ability to recognize number symbols for students with intellectual disabilities in mathematics subjects, especially in number symbols 1-5 in classes IV and V Phase C at SLB B-C Bina Karya Insani through the media of number roulette. The subjects in this study were 4 students with intellectual disabilities. The design of this research is classroom action research (PTK) using the Kemmis and MC Taggert model which includes planning, implementation, observation and reflection. Data collection is based on observation, evaluation and documentation. The research results obtained after being given action in learning using number roulette media, students' ability to recognize number symbols increased. This increase can be seen from the results of evaluations and observations that obtained the success rate in cycle 1, namely 50% with the predicate "poor", which means that for the 4 students, only 2 out of 2 students got the specified minimum percentage results. Then it increased again in cycle II, namely the success rate was 100% with the title "very good" which means 4 out of 4 students had obtained the specified minimum percentage results. Thus, learning through number roulette media can improve the ability to recognize number symbols 1-5 for students in grades IV and V Phase C at SLB B-C Bina Karya Insani.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc; 2). Marja, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27138 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:49 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |