FADILA ULFA, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERMAIN PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI KELAS II SLBN 11 JAKARTA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan pada peserta didik tunarungu di kelas II SLBN 11 Jakarta melalui metode bermain. Subjek penelitian ini adalah lima peserta didik tunarungu, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, kemudian data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, pengelompokan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan berbentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai tes peserta didik, pada kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 38. Pada siklus I rata-rata peserta didik naik menjadi 55. Pada siklus II, diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 88. Kesimpulannya adalah metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan pada peserta didik tunarungu kelas II di SLBN 11 Jakarta. ***** This study aims to enhance mathematics learning outcomes in addition operations for deaf students in Grade II at SLBN 11 Jakarta through play-based methods. Five deaf students participated in this classroom action research, which consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The study was conducted in two cycles. Data collection employed tests and observations, followed by descriptive data analysis through data collection, grouping, reduction, and conclusion. Results showed significant improvement in students' test scores, increasing from 38 initially to 50 in Cycle I and 88 in Cycle II. The conclusion is that play-based methods effectively enhance mathematics learning outcomes in addition operations for deaf students in Grade II at SLBN 11 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27424 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 01:40 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 01:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |