RANNY SRI SAFITRI, . (2020) MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN STRATEGI QUIZ TEAM DI KELAS III SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER - NIM.pdf Download (375kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (340kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (318kB) |
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (342kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (453kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (339kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (678kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (420kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (336kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap disiplin siswa dalam pembelajaran pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan strategi quiz team di kelas III SDN Utan Kayu Selatan 20 Matraman Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Utan Kayu Selatan 20 Pagi Matraman Jakarta Timur yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Pada siklus I hasil instrumen kuesioner siswa memperoleh persentase 53,6% dan hasil instrumen pengamatan guru sebesar 46,4% sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 87,5% dan pemantau tindakan siswa mencapai 82,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil instrument kuesioner siswa mencapai 85,7% dan hasil instrument pengamatan guru mencapai 82,1% sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 92,5% dan pemantau tindakan siswa mencapai 87,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dalam pembelajaran pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan strategi quiz team dapat meningkatkan sikap disiplin siswa kelas III SDN Utan Kayu Selatan 20 Pagi Matraman Jakarta Timur. Oleh sebab itu, strategi quiz team dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran pada muatan PPKn untuk meningkatkan sikap disiplin siswa. Kata Kunci: Disiplin, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan strategi quiz team. The goal of this research was to increase student’s attitude discipline in civic education with quiz team strategy of grade 3th Elementary School. The subject of this research were 28 students at the Utan Kayu Selatan 20 Elementary School Matraman District East Jakarta. This research using a class action research method by Kemmis and McTaggart’s model. In first cycle, the result of student’s questionnaire instrument gained percentage 53,6% and the result of teacher’s observation instrument gained 46,4% while the result of teacher’s behavior observation gained 87,5% and students’ behavior observation gained 82,5%. In second cycle, the result of students’ questionnaire instrument has enhanced 85,7% and the result of teacher’s observation instrument gained 82,1%, while teacher’s behavior observation gained 92,5% and student’s behavior observation gained 87,5%. These results shows that civic education with quiz team strategy could increase student’s attitude discipline in 3th grade of Utan Kayu Selatan 20 Elementary School Matraman District East Jakarta. Therefore, quiz team strategy could used by the teacher in civic education to improve student’s attitude discipline. Keyword : attitude discipline, civic education, and quiz team strategy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2) Dra. Yetty Auliaty, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1575 not found. |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 10:53 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 10:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5521 |
Actions (login required)
View Item |