REDONDO, . (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIAL "NUSSA" (KAJIAN SEMIOTIK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam serial animasi "Nussa" dengan menggunakan pendekatan semiotik Ferdinand de Saussure. Serial "Nussa" dipilih karena dikenal sebagai salah satu media edukasi Islami yang menarik bagi anak-anak, dengan penyampaian ajaran agama melalui cerita yang ringan namun penuh makna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik analisis semiotik terhadap lima episode pilihan dari serial "Nussa". Fokus utama penelitian adalah mengidentifikasi bagaimana tanda-tanda visual dan naratif dalam serial ini merepresentasikan nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serial "Nussa" mengandung tiga aspek utama dalam pendidikan Islam, yaitu nilai i’tiqodiyah yang berkaitan dengan keimanan kepada Allah dan ketetapan-Nya, nilai khuluqiyah yang mencerminkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, serta nilai amaliyah yang mencakup aspek ibadah dan interaksi sosial sesuai ajaran Islam. Pesan-pesan Islami dalam serial ini disampaikan secara efektif melalui kombinasi visual, dialog, dan alur cerita yang menarik bagi anak-anak. Setiap episode menghadirkan situasi yang mengajarkan pentingnya nilai-nilai Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, kesabaran, serta kasih sayang terhadap sesama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan Islam, khususnya dalam pemanfaatan media animasi sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi orang tua, pendidik, serta pembuat konten dalam mengembangkan media edukatif yang tidak hanya menghibur tetapi juga membangun karakter Islami pada anak-anak. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Semiotik, Serial Animasi Nussa. ***** This study examines the values of Islamic education embedded in the animated series Nussa using Ferdinand de Saussure’s semiotic approach. Nussa was chosen as the research subject due to its recognition as an engaging Islamic educational medium for children, effectively conveying religious teachings through light yet meaningful storytelling. This research employs a qualitative-descriptive method with a semiotic analysis technique applied to five selected episodes of the Nussa series. The primary focus is to identify how visual and narrative signs in the series represent Islamic educational values. The findings indicate that the Nussa series encompasses three fundamental aspects of Islamic education: i’tiqodiyah values, which relate to faith in Allah and His decrees; khuluqiyah values, which reflect noble character and ethics in daily life; and amaliyah values, which include acts of worship and social interactions aligned with Islamic teachings. Islamic messages in the series are effectively conveyed through a combination of visuals, dialogue, and engaging storytelling, making them accessible and appealing to children. Each episode presents situations that emphasize the significance of Islamic values such as honesty, responsibility, patience, and compassion for others. This study is expected to contribute to the field of Islamic education, particularly in the utilization of animated media as an effective learning tool. Furthermore, the research may serve as a reference for parents, educators, and content creators in developing educational media that not only entertain but also foster Islamic character development in children. Keywords: Islamic Educational Values, Semiotics, Nussa Animated Series.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, M.A. ; 2). Firdaus Wajdi, S.Th.I., M.A., Ph.D |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Redondo . |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 02:18 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |