STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN TEKNIK VOKAL PADA PADUAN SUARA DI SMAN 2 CIBINONG

MERIYAN TIODORA, . (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN TEKNIK VOKAL PADA PADUAN SUARA DI SMAN 2 CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui serta menganalisis strategi yang diterapkan guru dalam mengajarkan teknik vokal pada kegiatan paduan suara di SMAN 2 Cibinong. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai pendekatan-pendekatan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Untuk teknik vokal meliputi enam aspek utama, yaitu sikap tubuh, pernapasan, resonansi, intonasi, artikulasi, dan frasering. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Untuk memverifikasi data yang sudah terkumpul, peneliti menggunakan metode triangulasi. Objek penelitian adalah guru seni musik yang juga merupakan pembina paduan suara dan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Penelitian dilakukan selama kurang lebih 3 (tiga) bulan dari bulan September hingga Desember. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan jenis inkuiri terbimbing, dalam mengajarkan teknik vokal. Pendekatan yang diterapkan meliputi latihan individu dan kelompok, penggunaan media pembelajaran seperti video tutorial dan alat musik, serta penerapan metode demonstrasi dan partisipatif. Strategi-strategi tersebut memungkinkan siswa memahami teknik vokal secara bertahap dan menerapkannya pada berbagai lagu dengan tingkat kesulitan berbeda. Namun, terdapat tantangan yang dihadapi guru seperti keterbatasan waktu latihan serta perbedaan tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengajarkan teknik vokal pada paduan suara di SMAN 2 Cibinong menunjukkan hasil yang baik terhadap teknik vokal siswa khususnya pada sikap tubuh dan artikulasi. Peneliti mengusulkan kepada guru untuk mengelola waktu latihan dengan lebih efektif dan memberikan bimbingan tambahan kepada siswa yang membutuhkan. Kata Kunci: strategi guru, teknik vokal, paduan suara, SMAN 2 Cibinong ***** Research Objectives are to to identify and analyze the strategies implemented by teachers in teaching vocal techniques during choir activities at SMAN 2 Cibinong. This study also aims to explore the approaches used by teachers in the learning process. The vocal techniques include six main aspects: posture, breathing, resonance, intonation, articulation, and phrasing. Research Methods employ a qualitative approach with a descriptive method, and data analysis is conducted using observation, interviews, and literature studies. To verify the collected data, the researcher applies the triangulation method. The research subjects consist of the music teacher, who also acts as the choir instructor, and students participating in the extracurricular activity. The study was conducted over approximately three months, from September to December. Research Results indicate that the teacher uses an inquiry-based learning strategy, specifically the guided inquiry type, to teach vocal techniques. The approaches applied include individual and group exercises, the use of learning media such as tutorial videos and musical instruments, as well as the implementation of demonstration and participatory methods. These strategies enable students to gradually understand vocal techniques and apply them to various songs with different levels of difficulty. However, challenges such as limited practice time and varying student abilities were identified. The study shows that the teacher's strategies in teaching vocal techniques in the choir at SMAN 2 Cibinong had a positive impact on the students' vocal techniques, particularly in posture and articulation. The researcher suggests that teachers manage practice time more effectively and provide additional guidance to students who need it. Keywords: teacher strategies, vocal techniques, choir, SMAN 2 Cibinong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rien Safrina, M.A., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Meriyan Tiodora .
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:43
Last Modified: 11 Mar 2025 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55394

Actions (login required)

View Item View Item