NAJMAH AYU KARIMAH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SIKAP GIGIH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di PAUD Mulya Johar Baru, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (965kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap pemahaman sikap gigih pada anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah murid PAUD Mulya yang berjumlah 36 orang dengan rincian masing-masing 18 orang untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Post-test only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi a = 0,05; diperoleh thitung (5,105) > ttabel (1,691) dengan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar (53.61) dan kelompok kontrol sebesar (49.22). Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi berpengaruh positif terhadap pemahaman sikap gigih pada anak usia 5-6 tahun. Terlihat juga dari tiga aspek kegigihan yaitu Ketekunan, Keberanian, dan Keuletan yang mendapatkan persentase skor lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan persentase paling tinggi berada pada aspek keuletan sebesar 71,1% pada skala "Berkembang Sangat Baik". Dengan demikian, maka H0 ditolak sedangkan H₁ diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman sikap gigih anak usia 5-6 tahun yang melakukan kegiatan menonton video animasi dengan yang tidak melakukan kegiatan menonton video animasi. ***** This study aims to determine the effect of animated videos on understanding Grit in children aged 5-6 years. The sample in this study was PAUD Mulya students totaling 36 people with details of 18 people each for the experimental group and control group. Sampling using cluster random sampling technique. The method used was experimental method, with Post-test only control group design. Data collection was carried out using observation and analyzed using the t-test at the significance level a = 0.05; obtained t-count (5.105) > t-table (1.691) with an average score of the experimental group of (53.61) and the control group of (49.22). The results showed that the animated video had a positive effect on the understanding Grit in children aged 5-6 years. It can also be seen from the three aspects of Grit, namely Perseverance, Courage, and Tenacity, which get a higher percentage score than the control group, with the highest percentage being in the tenacity aspect of 71.1% on the “Developing Very Well” scale. Thus, H0 is rejected while H₁ is accepted. This result shows that there is a difference between the understanding Grit of children aged 5-6 years who do the activity of watching animated videos and who do not do the activity of watching animated videos.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hikmah, MM., M.Pd. ; 2). Niken Pratiwi, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Najmah Ayu Karimah . |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:30 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 06:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |