PRASETYO WIGUNA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BOARD MATERI KEBINEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan serta efektivitas media pembelajaran berbasis game board dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar terhadap materi Kebinekaan Indonesia. Media yang dikembangkan, bernama Barasia, dirancang menyerupai permainan ular tangga yang dilengkapi dengan kartu barcode yang berkaitan dengan keberagaman budaya di Indonesia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hannafin and Peck, yang terdiri dari tiga fase utama: analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa media Barasia memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan skor 92% dari ahli media, 98% dari ahli bahasa, dan 78% dari ahli materi. Uji coba kepada peserta didik kelas IV SD dilakukan dalam tiga tahap, yaitu one to one, small group, dan field test, dengan hasil kelayakan masing-masing 87,2%, 89,2%, dan 91,2%, yang semuanya termasuk dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan, hasil evaluasi peserta didik di SDN Pondok Labu 12 menunjukkan nilai rata-rata 89,2%, menandakan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis game board dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, serta pemahaman peserta didik terhadap materi Kebinekaan Indonesia. Dengan demikian, media Barasia dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dalam membangun sikap toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya sejak dini.*****This study aims to develop and analyze the feasibility and effectiveness of a game board-based learning media in enhancing the understanding of fourth-grade elementary school students regarding the topic of Indonesian Diversity. The developed media, named Barasia, is designed to resemble a snakes and ladders game and is equipped with barcode cards related to Indonesia’s cultural diversity. The development model used in this study follows the Hannafin and Peck model, which consists of three main phases: needs analysis, design, and development & implementation. Expert validation results indicate that Barasia has an excellent level of feasibility, with scores of 92% from media experts, 98% from language experts, and 78% from content experts. The trial phase was conducted on fourth-grade students in three stages: **one-to-one trials, small group trials, and field tests, yielding feasibility scores of 87.2%, 89.2%, and 91.2%, respectively, all categorized as very good. Overall, the evaluation results from students at SDN Pondok Labu 12 showed an average score of 89.2%, indicating that this media is highly suitable for learning. The findings of this study suggest that using game board-based learning media can significantly improve student engagement, motivation, and understanding of Indonesian Diversity. Therefore, Barasia can serve as an innovative alternative in education, providing not only an enjoyable learning experience but also an effective approach to fostering tolerance and appreciation for cultural diversity from an early age.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Edwita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Prasetyo Wiguna . |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |