HUBUNGAN TERPAAN MEDIA TIKTOK @DOKTERAMIRAOBGYN MENGENAI KASUS HUMAN PAPILLOMA VIRUS DENGAN SIKAP KESADARAN UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI PADA WANITA FASE EMERGING ADULTHOOD (Studi Kuantitatif pada TikTok @dokteramiraobgyn dalam Unggahan Konten Video 5 Januari 2025)

NATASYA ANANDA RHETA SITANGGANG, . (2025) HUBUNGAN TERPAAN MEDIA TIKTOK @DOKTERAMIRAOBGYN MENGENAI KASUS HUMAN PAPILLOMA VIRUS DENGAN SIKAP KESADARAN UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI PADA WANITA FASE EMERGING ADULTHOOD (Studi Kuantitatif pada TikTok @dokteramiraobgyn dalam Unggahan Konten Video 5 Januari 2025). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan masyarakat yang masih kurang mengenai gejala infeksi HPV serta langkah pencegahannya melalui vaksinasi menjadi penyebab cukup tingginya angka penderita kanker serviks di Indonesia. Informasi kesehatan tersebut kini semakin mudah ditemukan di media TikTok sehingga dapat membentuk sikap kesadaran mengenai tindakan vaksinasi. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui hubungan antara terpaan media TikTok @dokteramiraobgyn mengenai kasus HPV dalam konten video tanggal 5 Januari 2025 dengan sikap kesadaran untuk melakukan vaksinasi pada wanita fase emerging adulthood. Penelitian ini mengacu pada konsep komunikasi massa dengan menggunakan teori kognitif sosial milik Albert Bandura yang mencakup tiga tahapan, yakni pembelajaran observasional, efek penghambatan, dan efek disinhibisi. Variabel terpaan media mencakup dimensi terpaan, perhatian, dan tahapan terpaan. Variabel sikap terdiri atas kognitif, afektif, dan perilaku. Paradigma positivisme digunakan dengan pendekatan kuantitatif pada penelitian ini. Data dikumpulkan melalui metode survei menggunakan kuesioner berupa Google Form. Sampel sebanyak 100 responden ditentukan berdasarkan perhitungan rumus Slovin dengan teknik purposive sampling yang memiliki kriteria, yakni wanita berusia 18 – 25 tahun yang belum pernah melakukan vaksinasi HPV, pengguna aktif TikTok, dan menonton konten TikTok @dokteramiraobgyn tanggal 5 Januari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami terpaan media TikTok hingga mencapai tahapan terpaan sehingga secara sadar memahami, mengingat, dan mempertimbangkan pesan mengenai kasus HPV. Adanya sikap kesadaran juga dibuktikan dari sisi kognitif berupa keyakinan untuk melakukan vaksinasi sebagai langkah pencegahan atas risiko infeksi tersebut. Melalui rangkaian uji statistik, penelitian menunjukkan bahwa variabel terpaan media TikTok @dokteramiraobgyn memiliki hubungan positif dengan kesadaran untuk melakukan vaksinasi pada wanita fase emerging adulthood. Artinya, semakin meningkat terpaan media maka semakin meningkat pula sikap kesadaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti menyarankan agar akun @dokteramiraobgyn membuat konten informatif mengenai fasilitas vaksinasi dengan visualisasi menarik untuk mendorong tindakan pencegahan nyata. Kata Kunci: Human Papilloma Virus, Komunikasi Massa, Sikap, Terpaan Media, Vaksinasi ***** The public's lack of knowledge regarding the symptoms of HPV infection and preventive measures through vaccination is a significant cause of the high rate of cervical cancer patients in Indonesia. Health information is now increasingly accessible on TikTok, which can foster awareness regarding vaccination actions. This study is conducted to understand the relationship between exposure to the TikTok media @dokteramiraobgyn regarding HPV infection cases in video content from January 5, 2025, and the awareness attitude towards vaccination among women in the emerging adulthood phase. This research refers to the concept of mass communication using Albert Bandura's social cognitive theory, which includes three stages: observational learning, inhibitory effects, and disinhibitory effects. The media exposure variable includes the dimensions of exposure, attention, and exposure states. The attitude variable consists of cognitive, affective, and behavioural components. The positivist paradigm is employed with a quantitative approach in this research. Data was collected using a survey method through a questionnaire in the form of Google Forms. A sample of 100 respondents was determined based on the calculation of Slovin's formula with purposive sampling technique, which has criteria, namely women aged 18 to 25 who have not previously received HPV vaccination, active TikTok users, and have watched the TikTok content of @dokteramiraobgyn on January 5, 2025. The research results indicate that women are exposed to the TikTok media to the extent that they reach exposure states, allowing them to consciously understand, remember, and consider messages regarding HPV infection cases. The existence of a consciousness attitude is also proven from a cognitive perspective in the form of a belief in vaccination as a preventive measure against the risk of infection. Through a series of statistical tests, the study shows that the TikTok media exposure variable @dokteramiraobgyn has a positive relationship with awareness of vaccination among women in the emerging adulthood phase. This means that as media exposure increases, so does the consciousness attitude. Therefore, it can be said that Ho is rejected and Ha is accepted. The researchers recommend that the @dokteramiraobgyn account create informative content about vaccination facilities with appealing visualization to encourage real preventive actions. Keywords: Human Papilloma Virus, Mass Communication, Attitude, Media Exposure, Vaccination

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si. ; 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Kedokteran > Teknik, Prosedur,Perlengkapan Medis > Kesehatan Masyarakat
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 27722 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:28
Last Modified: 12 Jun 2025 03:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56469

Actions (login required)

View Item View Item