NADIAH NURLI FADILAH, . (2025) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA UMKM GENERASI MILLENNIAL SEKTOR MAKANAN DI DKI JAKARTA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
BAB. I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB. II.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB. III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB. IV.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB. V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy terhadap keberhasilan usaha dengan motivasi usaha sebagai variabel mediasi. Fokus penelitian ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh generasi millennial pada sektor makanan di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling, melibatkan sejumlah responden pelaku UMKM. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel dengan menggunakan aplikasi software SmartPLS atau Smart Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan pada variabel self-efficacy dan motivasi usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Selain itu, pengetahuan kewirausahaan dan self efficacy juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi usaha. Pada variabel pengetahuan kewirausahaan dan self efficacy berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha melalui motivasi usaha. Motivasi usaha terbukti berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy dengan keberhasilan usaha. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi kewirausahaan dan kepercayaan diri bagi pelaku UMKM agar lebih termotivasi dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait dalam meningkatkan kapasitas wirausaha generasi milenial melalui pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan yang lebih luas. Dengan demikian, keberhasilan UMKM di sektor makanan dapat lebih optimal dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Kata Kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Self-Efficacy, Motivasi Usaha, Keberhasilan Usaha, UMKM, Generasi Millennial. ***** Research this study aims to analyse the effect of entrepreneurial knowledge and self-efficacy on business success with business motivation as a mediating variable. The focus of this research is Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) managed by the millennial generation in the food sector in DKI Jakarta. The method research used is quantitative with a purposive sampling approach, involving a number of MSME respondents a number of MSME actor respondents. Data were analysed using Structural Equation Modeling (SEM) to test the relationship between variables using the SmartPLS or Smart Partial Least Square software application. Results the results showed that entrepreneurial knowledge did not have a positive and significant influence on business success, while the self-efficacy variable and business motivation have a positive and significant influence on business success. In addition, entrepreneurial knowledge and self-efficacy also have a positive and significant influence on business motivation. In the variable entrepreneurial knowledge and self efficacy have a positive and significant indirect effect on business success through business motivation. Business motivation is proven to act as a mediating variable that strengthens the relationship between entrepreneurial knowledge and self-efficacy with business success. These findings emphasise the importance of increasing entrepreneurial literacy and self-efficacy for MSME actors to be more motivated in running and developing their businesses motivated in running and developing their business. Implication of this research is the need for support from the government and related institutions in increasing the capacity of millennial generation entrepreneurs through training mentoring, and wider access to capital. Thus, the success of MSMEs in the food sector can be optimised and contribute to regional economic growth to regional economic growth. Keywords: Knowledge Entrepreneurship Knowledge, Self-Efficacy, Business Motivation, Business Success, MSMEs, Millennial Generation.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Saparuddin Mukhtar., M.Si. ; 2) Dr. Karuniana Dianta Arfiando Sebayang, S.IP., M.E. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Nadiah Nurli Fadilah . |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |