PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KEBIJAKAN PEMERINTAH DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM SEKTOR KONSUMSI DI DKI JAKARTA

TAUFIK IRWANSYAH, . (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KEBIJAKAN PEMERINTAH DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM SEKTOR KONSUMSI DI DKI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kebijakan Pemerintah dan Dukungan Sosial terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM Sektor Konsumsi di DKI Jakarta. Data primer diperoleh menggunakan metode proportionate stratified random sampling dengan jumlah sample sebanyak 203 UMKM Sektor Konsumsi di DKI Jakarta, melalui survei independen dengan kuesioner online. Penelitian ini di lakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik Structural Equation Model Partical Least Square (PLS-SEM) dengan aplikasi Smart-PLS digunakan untuk mengalisis data. Hasil penelitian menunjukan pengaruh positif dan signifikan dari pendidkan kewirausahaan,kebijakan pemerintah dan dukungan sosial terhadap keberhasilan usaha pada UMKM. Penelitian ini terbatas hanya dalam cakupan wilayah DKI Jakarta dan dengan penggunaan variabel yang terbatas yaitu pendidikan kewirausahaan, kebijakan pemerintah, dukugan sosial dan keberhasilan usaha. Variabel pendidikan kewirausahaan membekali pelaku usaha dengan kemampuan untuk merencanakan, menjalankan, mengelola bisnis secara efektif, layanan baru yang dapat meningkatkan daya saing usaha, memberikan motivasi dan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan bisnis. kebijakan pemerintah memberikan perlindungan hukum, kemudahan perizinan, dan insentif pajak untuk mendukung keberlanjutan usaha, Kebijakan seperti kredit usaha rakyat (KUR), pelatihan berbasis komunitas, dukungan dalam bentuk promosi produk lokal ke pasar internasional, membantu UMKM memperluas jangkauan pasar. dukungan sosial dukungan dari keluarga, teman, atau komunitas lokal membantu pelaku UMKM memperluas jaringan bisnis dan kolaborasi ***** This study aims to evaluate the Effect of Entrepreneurship Education, Government Policy and Social Support on Business Success in MSMEs in the Consumption Sector in DKI Jakarta. Primary data was obtained using a proportionate stratified random sampling method with a sample size of 203 MSMEs in the consumption sector in DKI Jakarta, through an independent survey with an online questionnaire. This research was conducted using a quantitative descriptive method, with the Structural Equation Model Partical Least Square (PLS-SEM) technique with the Smart-PLS application used to analyse the data. The results showed a positive and significant effect of entrepreneurship education, government policies and social support on business success in MSMEs. This study is limited to the scope of the DKI Jakarta area and with limited use of variables, namely entrepreneurship education, government policies, social support and business success. Entrepreneurship education variables equip business actors with the ability to plan, run, manage businesses effectively, new services that can increase business competitiveness, provide motivation and confidence in facing business challenges. government policies provide legal protection, ease of licensing, and tax incentives to support business sustainability, Policies such as people's business credit (KUR), community-based training, support in the form of promotion of local products to international markets, help MSMEs expand market reach. social support support from family, friends, or the local community helps MSME actors expand business networks and collaboration.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1.Dr.Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd. ; 2.Dr. Karuniana Dianta Arfiando Sebayang, S.IP., M.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Taufik Irwansyah .
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:04
Last Modified: 22 Jul 2025 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56653

Actions (login required)

View Item View Item