GHAITSA RIZKY AZKA, . (2025) GLOKALISASI DI DALAM BISNIS KULINER (STUDI KASUS PADA WARALABA KOREAN BARBEQUE BEKEN MIRAE CABANG GALAXY BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB 2 Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Lampiran Skripsi Ghaitsa_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis kuliner Korean BBQ di Beken Mirae BBQ sebagai bagian dari bisnis kuliner Asian Cuisine dengan konsep fusion serta mengeksplorasi proses glokalisasi dalam bisnis kuliner lokal. Hasil penelitian yang telah ditemukan akan dianalisis menggunakan konsep glokalisasi dari Roland Robertson yang diterapkan dalam konteks bisnis kuliner. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan September 2024 hingga Januari 2025 di Beken Mirae BBQ cabang Galaxy Bekasi yang berlokasi di Jl. Taman Galaxy Raya Blok H No. 24, Jakasetia, Bekasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang yang terdiri dari 1 manajer operasional, 1 supervisor, 1 bagian kitchen Beken Mirae BBQ, 1 pelayan Beken Mirae BBQ, 1 bagian marketing Beken Mirae BBQ, dan 1 chef Beken Mirae BBQ. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara bersama informan, observasi di lokasi penelitian, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Beken Mirae BBQ sebagai salah satu bisnis kuliner Asian Cuisine dengan konsep fusion memiliki beberapa strategi dalam mengembangkan bisnisnya, di antaranya (1) Penentuan lokasi restoran yang strategis dan desain layout restoran sebagai keunggulan kompetitif bisnis; (2) Partisipasi event, strategi bermitra dengan partner bisnis, dan feedback pelanggan sebagai strategi penetrasi pasar; (3) Adaptasi taste lokal, nilai masyarakat lokal, dan bahasa daerah sebagai strategi adaptasi bisnis terhadap budaya Indonesia. Strategi pengembangan bisnis yang telah dilakukan oleh Beken Mirae BBQ telah mencerminkan beberapa unsur dan proses glokalisasi di dalamnya. Glokalisasi dalam penelitian ini telah mencerminkan heterogenitas budaya dalam konteks kuliner di Indonesia. Proses glokalisasi di dalam bisnis kuliner lokal telah melalui proses pertimbangan faktor sosial budaya masyarakat setempat. Dengan demikian, struktur sosio-kultural masyarakat setempat memiliki peran signifikan dalam proses glokalisasi di dalam bisnis kuliner. ***** This research aims to determine the development strategy of Korean BBQ culinary business at Beken Mirae BBQ as part of the Asian Cuisine culinary business with a fusion concept and to explore the glocalization process in local culinary businesses. The research results that have been found will be analyzed using Roland Robertson's glocalization concept applied in the context of the culinary business. This research uses a qualitative method with a case study approach. This research was conducted from September 2024 to January 2025 at the Beken Mirae BBQ Galaxy Bekasi branch located on Jl. Taman Galaxy Raya Blok H No. 24, Jakartasetia, Bekasi. The subjects of this research consisted of 6 people consisting of 1 operational manager, 1 supervisor, 1 Beken Mirae BBQ kitchen department, 1 Beken Mirae BBQ waiter, 1 Beken Mirae BBQ marketing department, and 1 Beken Mirae BBQ chef. Data collection was carried out through interviews with informants, observations at the research location, documentation, and literature studies. The results of this study indicate that Beken Mirae BBQ as one of the Asian Cuisine culinary businesses with a fusion concept has several strategies in developing its business, including (1) Determining a strategic restaurant location and restaurant layout design as a competitive advantage of the business; (2) Event participation, partnership strategies with business partners, and customer feedback as market penetration strategies; (3) Adaptation of local tastes, local community values, and regional languages as business adaptation strategies to Indonesian culture. The business development strategy that has been carried out by Beken Mirae BBQ has reflected several elements and processes of glocalization in it. Glocalization in this study has reflected cultural heterogeneity in the culinary context in Indonesia. The glocalization process in the local culinary business has gone through a process of considering the socio-cultural factors of the local community. Thus, the socio-cultural structure of the local community has a significant role in the glocalization process in the culinary business.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuanita Aprilandini Siregar, M.Si ; 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd., MA |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 28019 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |