SHAFNA AULIA ANGGARASTA, . (2025) UPAYA PEMBERDAYAAN YAYASAN GENERASI LITERAT MENGGUNAKAN TEORI A.C.T.O.R.S (STUDI KASUS : TIGA PROGRAM YAYASAN GENERASI LITERAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File cover.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Yayasan Generasi Literat sebagai aktor melakukan pemberdayaan bagi kelompok sasaran dan mengetahui strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Yayasan Generasi Literat dalam melaksanakan program. Untuk menghasilkan kelompok sasaran yang mendiri, percaya diri, dan memiliki daya juang tinggi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat dari teori A.C.T.O.R.S . Penelitian ini dilakukan di tempat kelompok sasaran dalam jangka waktu 4 bulan dari September 2024 hingga Januari 2025. Subjek penelitian terdiri dari 10 informan yang terlibat dalam pemberdayaan Generasi Literat, yang terdiri dari 1 Founder, 1 Co-Founder, 2 pengurus, 1 relawan, 1 media partner, dan 4 komunitas yang diberdayakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara, pengamatan, dokumentasi, dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan pemberdayaan yang dilakukan Yayasan Generasi Literat menghasilkan kelompok sasaran yang dapat bersosialisasi dengan masyarakat umum, dapat mencintai dirinya sendiri, dan membangun kebiasaan positif melalui membaca. Selama proses pemberdayaan terdapat faktor pendukung, yaitu sumber daya manusia mumpuni, partisipasi kelompok sasaran yang aktif, diversifikasi sumber pendanaan. Faktor penghambat, yaitu keterbatasan sumber daya, rendahnya partisipasi dan penolakan kelompok sasaran, kurangnya dukungan dari pemangku kepentingan. Dengan dianalisis menggunakan Teori A.C.T.O.R.S peran Yayasan Generasi Literat sebagai lembaga sosial melalui tiga program literasinya dapat membantu kelompok sasaran memiliki kesempatan sama untuk mendapatkan akses mengembangkan dirinya, sehingga menghasilkan kelompok sasaran sasaran yang mandiri, percaya diri, dan daya juang tinggi Kata Kunci : Upaya Pemberdayaan Masyarakat, Yayasan Generasi Literat, Teori A.C.T.O.R.S, Pemberdayaan Sosial, Enam Tahapan Proses Pemberdayaan, Tiga Program Generasi Literat ***** This study aims to determine the empowerment process carried out by the Literate Generation Foundation as an actor empowering target groups and to determine the empowerment strategies carried out by the Literate Generation Foundation in implementing the program. To produce a target group that is self respect, self confident, and self resilience. This study uses a qualitative approach with a case study method. The concept used in this study is community empowerment from the A.C.T.O.R.S theory. This study was conducted at the target group's location for a period of 4 months from September 2024 to January 2025. The research subjects consisted of 10 informants involved in the empowerment of the Literate Generation, consisting of 1 Founder, 1 Co-Founder, 2 administrators, 1 volunteer, 1 media partner, and 4 empowered communities. The data collection techniques used were conducting interviews, observations, documentation, and secondary data. The results of the study indicate that the empowerment process carried out by the Literate Generation Foundation produces target groups who can socialize with the general public, can love themselves, and build positive habits through reading. During the empowerment process there are supporting factors, namely qualified human resources, active participation of target groups, diversification of funding sources. Inhibiting factors, namely limited resources, low participation and rejection of target groups, lack of support from stakeholders. By analyzing using the A.C.T.O.R.S Theory, the role of the Yayasan Generasi Literat as a social institution through its three literacy programs can help target groups have equal opportunities to gain access to develop themselves, thus producing target groups who are independent, confident, and have high fighting power. Keywords: Community Empowerment Efforts, Literate Generation Foundation, A.C.T.O.R.S Theory, Social Empowerment, Six Stages of the Empowerment Process, Three Literate Generation Programs
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Meila Riskia Fitri, S.Pd., MA. ; 2). Atik Kurniawati, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 28020 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |