JOKO TRI PAMUNGKAS, . (2025) PENGARUH VARIASI KONSTANTA PEGAS PADA KOPLING TERHADAP GAYA DORONG DAN PERCEPATAN PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Akselerasi dan performa yang baik, salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kekakuan dari pegas kopling. Banyaknya variasi dari pegas kopling yang dijual di pasaran memiliki nilai konstanta yang berbeda-beda menunjukan bahwa pemilihan konstanta pegas kopling yang sesuai dapat memperbaiki performa dari kendaraan. Namun pengaruh konstanta terhadap gaya dorong dan percepatan belum diketahui. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan nilai gaya dorong dan percepatan dari masing-masing konstanta pegas kopling pada kendaraan sepedah motor Honda Karisma X 125 yang dihasilkan oleh masing-masing konstanta pegas kopling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Pengujian ini menggunakan 5 pegas kopling sekunder dengan memiliki nilai konstanta 6,2 N/mm, 8,47 N/mm, 10,52 N/mm, 12,73 N/mm, dan 14,48 N/mm. Pengujian dilakukan dengan memasang pegas kopling pada kendaraan dan mengambil data torsi, daya, dan putaran mesin melalui dynootest sebanyak 20 kali pada setiap jenis pegas kopling dan tiap tingkatan transmisi. Dari data tersebut akan dikonversi menjadi nilai gaya dorong dan percepatan kendaraan. Pada gigi 1, 2, 3 pegas kopling Vanadium dengan konstanta pegas 12,73 N/mm memberikan gaya dorong dan percepatan terbaik dari keempat pegas lainnya dengan nilai 610,85 N, 508,96 N, 386,87 N dan Nilai percepatan 4,03 m/s2, 3,36 m/s2, dan 2,55 m/s2. Sedangkan pada gigi 4 pegas kopling Stainless dengan konstanta 8,47 N/mm memberikan gaya dorong dan percepatan terbaik dari keempat pegas lainnya dengan nilai 315,42 N dan nilai percepatan 2,08 m/s2.***** Acceleration and good performance are influenced, among other things, by the stiffness level of the clutch spring. The variety of clutch springs available on the market, each with different stiffness values, indicates that selecting the appropriate clutch spring constant can improve vehicle performance. However, the effect of the spring constant on thrust force and acceleration is not yet fully understood. Therefore, the purpose of this study is to compare the thrust force and acceleration values of various clutch spring constants on a Honda Karisma X 125 motorcycle. This research was conducted using an experimental method. The testing involved five secondary clutch springs with different spring constants: 6.2 N/mm, 8.47 N/mm, 10.52 N/mm, 12.73 N/mm, and 14.48 N/mm. The springs were installed on the motorcycle, and data on torque, power, and engine speed were collected using a dyno test, performed 20 times for each type of clutch spring and at each transmission level. These data were then converted into thrust force and acceleration values. At transmission levels 1, 2, and 3, the vanadium clutch spring with a spring constant of 12.73 N/mm produced the highest thrust force and acceleration among the five springs, with thrust values of 610.85 N, 508.96 N, and 386.87 N, and acceleration values of 4.03 m/s², 3.36 m/s², and 2.55 m/s², respectively. Meanwhile, at transmission level 4, the stainless steel clutch spring with a spring constant of 8.47 N/mm provided the best thrust force and acceleration, with a thrust force of 315.42 N and acceleration of 2.08 m/s².
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. 2). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Joko Tri Pamungkas . |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |