MUHAMAD FIQIH SETIAWAN, . (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL, TEACHING, AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X TPL SMKN 1 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (350kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Download (264kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (372kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan dari observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas X TPL SMKN 1 Kota Bekasi yang ternyata prestasi hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di kelas X TPL SMKN 1 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang bersifat siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas X TPL SMKN 1 Kota Bekasi. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan lembar observasi, post-tes dan dokumentasi dalam proses pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Contextual, Teaching and Learning (CTL). Analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Contextual, Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selama penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus siswa menyukai proses pembelajaran yang berlangsung. Dari analisis data menunjukkan bahwa penggunaan Contextual, Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin pada siswa kelas X TPL SMKN 1 Kota Bekasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus I (70), siklus I (74,55) dan siklus II (89,2), serta ketuntasan belajar siswa yang meningkat dari pra siklus I (44%), siklus 1 (65%) dan siklus II (91%) The background of this study comes from observations and interviews with teachers and students of class X TPL SMKN 1 Bekasi City which is still a low student learning achievement. This class action research aims to improve student learning outcomes in learning Mechanical Engineering Basic Work in class X TPL SMKN 1 Bekasi City. This study uses the Kurt Lewin research model that cycles. Each cycle consists of four steps: planning, acting, observing, and reflecting. The subjects in this study were students and class X TPL SMKN 1 Bekasi City students. Collecting data in this classroom action research using observation sheets, post-tests and documentation in the learning process to determine student learning outcomes in learning conducted by teachers during class action research using Contextual, Teaching and Learning (CTL). Analysis of the data used is qualitative and quantitative analysis. The contextual research model, Teaching and Learning (CTL) can improve student learning outcomes. During the classroom action research that lasted for 2 cycles students liked the learning process that took place. From the data analysis that shows the use of Contextual, Teaching and Learning (CTL) in the learning process of Mechanical Engineering Basic Work in class X TPL SMKN 1 Bekasi City can improve student learning outcomes. This can be seen from the average student learning outcomes in cycle I (70), cycle I (74.55) and cycle II (89.2), as well as student learning completeness that increased from pre cycle I (44%), Cycle 1 (65%) and Cycle II (91%)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Priyono, M.Pd. ; 2). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 2062 not found. |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 16:16 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 16:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5707 |
Actions (login required)
View Item |