PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DALAM PENERAPAN PRINSIP ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

JULIANA BALQIS, . (2025) PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DALAM PENERAPAN PRINSIP ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Environmental, Social, and Governance (ESG) baik secara tunggal maupun keseluruhan terhadap nilai perusahaan, menggunakan reputasi perusahaan menjadi variabel moderasi pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018 sampai dengan 2023. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan dan menilai apakah faktor tersebut dapat menjadi indikator yang relevan dalam berbagai kondisi ekonomi, termasuk selama pandemi Covid-19. Data sekunder dari laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan dengan sampel 51 perusahaan sektor energi yang mencapai syarat pengambilan sampel, menghasilkan total 306 observasi digunakan dalam peneitian ini. Analisis dilakukan menggunakan regresi data panel (balanced panel data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan baik secara tunggal maupun keseluruhan, ESG tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, baik sebelum maupun selama pandemi. Sementara itu, reputasi perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dalam periode gabungan, tetapi tidak dapat memoderasi hubungan antara ESG terhadap nilai perusahaan pada periode gabungan dan periode sebelum Covid-19. Namun demikian, pada periode selama pandemi Covid-19, reputasi perusahaan terbukti secara efektif memoderasi hubungan antara ESG secara keseluruhan terhadap nilai perusahaan. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa peran reputasi perusahaan menjadi lebih krusial dalam memengaruhi bagaimana pasar merespons kinerja ESG perusahaan energi selama periode ketidakpastian ekonomi seperti pandemi Covid-19. Implikasi teori dari penelitian ini sejalan dengan beberapa asumsi pada teori legitimasi dan teori ke pemangku kepentingan yang menyatakan bahwa praktik ESG yang baik dapat meningkatkan nilai perusahaan, selain itu juga sejalan dengan teori sinyal bahwa reputasi yang baik akan menjadi sinyal positif bagi investor yang akan menihngkatkan nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi mekanisme yang mendasari efek moderasi ini secara lebih mendalam. Kata Kunci: Environmental, Social, Governance, ESG, Reputasi Perusahaan, Nilai Perusahaan. ***** This study analyzes the influence of Environmental, Social, and Governance (ESG), both individually and collectively, on corporate value, with corporate reputation as a moderating variable in energy sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the period of 2018 to 2023. The aim of this research is to identify the factors that affect corporate value and assess whether these factors can serve as relevant indicators across various economic conditions, including during the Covid-19 pandemic. This study utilizes secondary data from sustainability reports and annual reports of companies, with a sample of 51 energy sector companies that met the sampling criteria, resulting in a total of 306 observations. The analysis was conducted using balanced data regression. The results of the study indicate that overall, both individually and collectively, ESG does not have a significant influence on corporate value, neither before nor during the pandemic. Meanwhile, corporate reputation has a significant influence on corporate value in the combined period, but it fails to moderate the relationship between ESG and corporate value in the combined period and the period before Covid-19. However, during the Covid-19 pandemic period, corporate reputation was proven to effectively moderate the relationship between overall ESG and corporate value. The implications of these findings suggest that the role of corporate reputation becomes more crucial in influencing how the market responds to the ESG performance of energy companies during periods of economic uncertainty such as the Covid-19 pandemic. The theoretical implications of this study are in line with several assumptions in legitimacy theory and stakeholder interest theory which state that good ESG practices can increase company value, in addition, it is also in line with signaling theory that a good reputation will be a positive signal for investors which will increase company value. Future research could explore the underlying mechanisms of this moderating effect in greater depth. Keywords: Environmental, Social, Governance, ESG, Corporate Reputation, Corporate Value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Gatot Nazir Ahmad, M.Si. ; 2). Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.S.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Users 28420 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:51
Last Modified: 01 Aug 2025 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57103

Actions (login required)

View Item View Item