PENGEMBANGAN PERMAINAN KARPET MARI MEMBACA (KARICA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Karya Inovatif Di TK Nur Al Hidayah, Tebet, Jakarta Selatan)

MIFTA AULIA HASANAH, . (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN KARPET MARI MEMBACA (KARICA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Karya Inovatif Di TK Nur Al Hidayah, Tebet, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover- nim.pdf

Download (185kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
lembar originalitas.pdf

Download (235kB)
[img] Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (320kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (285kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (309kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (267kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan penggunaan kemampuan bahasa anak dalam melihat, memahami, dan mengeksplorasi bacaan atau tulisan yang anak lihat. Pada tahap membaca permulaan anak membaca dari tanda atau symbol yang dilihat, pada tahap ini anak sudah mengenal bunyi dengan tulisan juga dapat menggabungkan sebuah kata. Media permainan mempunyai peran penting dalam pendidikan anak usia dini. Media permainan mengirimkan konten kepada peserta didik dan melibatkan peserta didik dengan kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berdasarkan kemampuan membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini adalah karya inovatif dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di TK Nur Al Hidayah, Tebet, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi sebagai validator dan 12 anak TK Nur Al Hidayah berusia 5-6 tahun. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang disebut Permainan Karpet Mari Membaca (KARICA). Berdasarkan uji validitas dengan ahli media, media pembelajaran Karpet Mari Membaca (KARICA) dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 87,5%. Berdasarkan uji validitas dengan ahli materi, media pembelajaran Karpet Mari Membaca (KARICA) dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 93,7%. Berdasarkan hasil uji coba pada anak, media pembelajaran Karpet Mari Membaca (KARICA) sangat valid dengan tingkat validitas 90,83%. Berdasarkan hasil penelitian, media permainan Karpet Mari Membaca (KARICA) sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia 5-6 tahun. Reading is the use of children's language skills in seeing, understanding, and exploring the reading or writing that the child sees. At the beginning of the reading stage the child reads from the sign or symbol seen, at this stage the child is familiar with sound,writing, and also combine a word. Media delivers content to the learners and provides tools to engage learners powerfully. This study aimed to develop learning media based on classification skill for children aged 5-6 years old. The method of this study was research and development with ADDIE model. This research conducted at TK Nur Al Hidayah,Tebet, South Jakarta. The subjects of this research were media experts and subjects matter experts as validators and 12 children aged 5-6 years old of TK Nur Al Hidayah,Tebet, South Jakarta. The object of this research was learning media called Karpet Mari Membaca (KARICA). Based on the validity test with media experts, the learning media Karpet Mari Membaca (KARICA) was categorized as very valid with 87,5% validity rate. Based on the validity test with subjects matter experts, the learning media Karpet Mari Membaca (KARICA) was categorized as very valid with 93,7% validity rate. Based on validity test, with 12 children aged 5-6 years old of TK Nur Al Hidayah,Tebet, South Jakarta the learning media Karpet Mari Membaca (KARICA)was categorized as very valid with 90,83% validity rate. Based on research results, media Karpet Mari Membaca (KARICA) is very valid and very proper for 5-6 years old children’s for learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hikmah, M.M, M.Pd. ; 2) Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1169 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2020 16:17
Last Modified: 24 Mar 2020 16:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5712

Actions (login required)

View Item View Item