FARASABILA ANGELI PURNOMO, . (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KOREKSI NOTA PELAYANAN KAPAL PADA PT PELABUHAN INDONESIA(PERSERO) REGIONAL 2 TANJUNG PRIOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER (FIX)-dikompresi.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB 1 (FIX).pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
BAB 2 (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFPUS (FIX).pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya koreksi nota pelayanan kapal serta mengetahui faktor yang paling dominan di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok. Koreksi nota yang berulang menjadi indikator adanya ketidaksesuaian dalam proses pelayanan kapal, baik dari sisi operasional, sistem, maupun administrasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 35 karyawan dari kelompok kerja Pranota Nota Pelayanan Kapal dan Pelayanan Kapal, serta didukung oleh dokumentasi koreksi nota tahun 2024. Teknik analisis yang digunakan adalah Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima faktor penyebab koreksi nota, yaitu Manajemen Operasional, Sistem Informasi, Kualitas Pelayanan, Human Error, dan Administrasi. Faktor Manajemen Operasional merupakan faktor yang paling dominan, dengan eigenvalue sebesar 36,866%. Temuan ini juga diperkuat oleh data sekunder yang menunjukkan bahwa koreksi paling banyak berasal dari kesalahan pada layanan mandatory dan identitas penerima jasa. Penelitian ini memberikan saran perlunya penguatan koordinasi kerja, pengembangan sistem informasi, dan pengawasan administratif guna meminimalisir terjadinya koreksi nota di masa mendatang./ (*****) This study aims to analyze the factors causing invoice corrections in ship service operations and to identify the most dominant factor at PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok. Recurring invoice corrections indicate discrepancies in ship service processes, whether operational, system related, or administrative. This research employs a quantitative method with an ex post facto approach. Data was collected through questionnaires distributed to 35 employees from the Pranota Nota Pelayanan Kapal and Ship Services workgroups, supported by documentation of invoice corrections from the year 2024. The analytical technique used was Exploratory Factor Analysis (EFA). The results revealed five contributing factors: Operational Management, Information Systems, Service Quality, Human Error, and Administration. Operational Management emerged as the most dominant factor, with an eigenvalue of 36.866%. This finding is further supported by secondary data indicating that most of the corrections stemmed from errors in mandatory services and recipient identity information. The study suggests the need to strengthen work coordination, improve information systems, and enhance administrative oversight to reduce future occurrences of invoice corrections.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Kencana Verawati, S.S.T., M.M.Tr ; 2). Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi |
Divisions: | FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim |
Depositing User: | Farasabila Angeli Purnomo . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:35 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |