PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV A SDN EMPANG BAHAGIA 1

SYIFA FAUZIAH AYIF, . (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV A SDN EMPANG BAHAGIA 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (890kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (830kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1)_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran eksperimen di kelas IV A SDN Empang Bahagia 1. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 28 siswa pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart yang melalui tahapan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 64,28% dan belum mencapai persentase keberhasilan yang ditetapkan. Pada siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 85,71%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 87% meningkat pada siklus II yaitu 100%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 80% meningkat pada siklus II yaitu 93%. Implikasi dalam penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan metode eksperimen siswa mampu memahami materi gaya dengan baik, menganalisis teori gaya dalam kehidupan sehari-hari, aktif berdiskusi dengan kelompoknya, mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mampu menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung di kelas dengan bimbingan langsung oleh guru. ***** This Classroom Action Research aims to improve science learning outcomes in cognitive aspects. This research uses experimental learning methods in class IV A SDN Empang Bahagia 1. The subjects in this study were class IV A students totaling 28 students in the 2024/2025 school year. The research was carried out using the cycle model of Kemmis and Mc. Tagart through the stages of planning, implementation, observation and reflection. In cycle I, student learning outcomes showed a percentage of 64.28% and had not yet reached the specified percentage of success. In cycle II, student learning outcomes showed a percentage of 85.71%. The teacher action monitoring instrument in cycle I was 87% which increased in cycle II which was 100%. The student action monitoring instrument in cycle I, 80%, increased in cycle II, 93%. The implication in this study is that the experimental learning method can be used as one of the learning methods to improve science learning outcomes in grade IV elementary school students. With the experimental method, students are able to understand the material of force well, analyze the theory of force in everyday life, actively discuss with their groups, be able to present the results of group discussions and be able to conclude learning activities that have taken place in class with direct guidance by the teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Waluyo Hadi, M.Pd.; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Syifa Fauziah Ayif .
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:03
Last Modified: 01 Aug 2025 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57249

Actions (login required)

View Item View Item