HUBUNGAN KONTEN KAMPANYE DI TIKTOK DENGAN PREFERENSI POLITIK PEMILIH PEMULA PADA PILKADA DAERAH KHUSUS JAKARTA 2024 (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA DI SMA NEGERI 45 JAKARTA)

ULFI KHAIRUNNISA, . (2025) HUBUNGAN KONTEN KAMPANYE DI TIKTOK DENGAN PREFERENSI POLITIK PEMILIH PEMULA PADA PILKADA DAERAH KHUSUS JAKARTA 2024 (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA DI SMA NEGERI 45 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat hubungan antara konten kampanye di TikTok dengan preferensi politik pemilih pemula pada Pilkada Daerah Khusus Jakarta 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 45 Jakarta dengan populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI. Siswa kelas XI di SMA Negeri 45 Jakarta menjadi sampel penelitian dengan jumlah 74 siswa yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari konten kampanye di TikTok dan preferensi politik pemilih pemula. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment yang menunjukkan adanya hubungan antara konten kampanye di TikTok dengan preferensi politik pemilih pemula karena rhitung > rtabel yaitu 0,254 > 0,227. Pada uji regresi linear sederhana memperoleh nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (<0,05) yakni 0,029 dan fhitung > ftabel yaitu 4.960 > 3.98 yang memberikan hasil simpulan bahwa terdapat hubungan linear antara konten kampanye di TikTok dengan preferensi politik pemilih pemula pada Pilkada Daerah Khusus Jakarta 2024, serta memperoleh nilai R Square sebesar 0,064 yang berarti terdapat korelasi sebesar 6,4% yang menunjukkan hubungan antara kedua variabel rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan konten kampanye di TikTok dengan preferensi politik pemilih pemula pada Pilkada Daerah Khusus Jakarta 2024 tidak signifikan. Kata Kunci: Konten Kampanye di TikTok, Preferensi Politik, Pemilih Pemula, Siswa, Pilkada Jakarta 2024. ***** This study aims to determine whether there is a relationship between campaign content on TikTok and the political preferences of first-time voters in the 2024 Jakarta Special Region Election. This study uses a quantitative approach with a correlational design. This study was conducted at SMA Negeri 45 Jakarta with the research population consisting of 11th-grade students. The 11th-grade students at SMA Negeri 45 Jakarta became the research sample with a total of 74 students selected using a simple random sampling technique using the Slovin formula. The instrument used was a questionnaire to collect data from campaign content on TikTok and the political preferences of first-time voters. The results of data analysis were carried out using a product moment correlation test which showed a relationship between campaign content on TikTok and the political preferences of first-time voters because r count > r table, namely 0.254 > 0.227. In the simple linear regression test, the significance value obtained was less than 0.05 (<0.05) which was 0.029 and f count > f table which was 4.960 > 3.98 which gave the conclusion that there was a linear relationship between campaign content on TikTok and the political preferences of first-time voters in the 2024 Jakarta Special Region Pilkada, and obtained an R Square value of 0.064 which means there was a correlation of 6.4% which indicated a low relationship between the two variables. Therefore, it can be concluded that the relationship between campaign content on TikTok and the political preferences of first-time voters in the 2024 Jakarta Special Region Pilkada is not significant. Keywords: Campaign Content on TikTok, Political Preferences, First-Time Voters, Students, 2024 Jakarta Pilkada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P. ; 2). Mohammad Maiwan, Ph.D.
Subjects: Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Ulfi Khairunnisa .
Date Deposited: 01 Aug 2025 05:52
Last Modified: 01 Aug 2025 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57286

Actions (login required)

View Item View Item