HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN MANAJEMEN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR TEKNIK OTOMASI INDUSTRI PADA SISWA KELAS XI SMKN 26 JAKARTA

DEVANDRA WIJAYA, . (2025) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN MANAJEMEN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR TEKNIK OTOMASI INDUSTRI PADA SISWA KELAS XI SMKN 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan manajemen diri dengan hasil belajar mata pelajaran Teknik Otomasi Industri pada siswa kelas XI SMKN 26 Jakarta. Kepercayaan diri adalah keyakinan siswa terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas atau tantangan yang diberikan oleh guru secara mandiri, tanpa bergantung pada bantuan orang lain, selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, manajemen diri adalah kemampuan siswa dalam mengatur, mengendalikan, dan mengarahkan perilaku, pikiran, serta perasaannya selama pembelajaran agar dapat menyelesaikan tugas atau tantangan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2025 dengan sampel sebanyak 59 siswa kelas XI dari program keahlian TITL yang dipilih melalui teknik proportionate random sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Instrumen pengumpulan data terdiri atas angket skala likert untuk variabel kepercayaan diri dan manajemen diri, serta dokumentasi nilai ujian teori PAS semester genap untuk variabel hasil belajar Teknik Otomasi Industri. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang tinggi, positif, dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar rX₁Y = 0,674; t hitung = 6,885; nilai signifikansi = 0,000), (2) terdapat hubungan yang tinggi, positif, dan signifikan antara manajemen diri dengan hasil belajar rX₂Y = 0,625; t hitung = 6,040; nilai signifikansi = 0,000), dan (3) terdapat hubungan yang tinggi, positif, dan signifikan secara simultan antara kepercayaan diri dan manajemen diri dengan hasil belajar rX₁X₂Y = 0,775; F hitung = 42,121; nilai signifikansi = 0,000). Dengan demikian, kepercayaan diri dan manajemen diri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar Teknik Otomasi Industri.*****This study aims to determine the relationship between self-confidence and self-management with learning outcomes in the Industrial Automation Engineering subject for 11th-grade students at SMKN 26 Jakarta. Self-confidence is a student's belief in their ability to complete tasks or challenges given by the teacher independently, without relying on the help of others, throughout the learning process. Meanwhile, self-management is a student's ability to regulate, control, and direct their behavior, thoughts, and feelings during learning in order to complete tasks or challenges given by the teacher. This research was conducted from April to June 2025 with a sample of 59 eleventh-grade students from the TITL vocational program, selected using proportionate random sampling. The research approach used is a quantitative approach with a correlational method. The data collection instruments consist of a likert scale questionnaire for the self-confidence and self-management variables, and documentation of the even semester PAS theory exam scores for the Industrial Automation Engineering learning outcomes variable. The analysis results show that: (1) there is a high, positive, and significant relationship between self-confidence and learning outcomes rX₁Y = 0.674; t statistic = 6.885; significance value = 0.000), (2) there is a high, positive, and significant relationship between self-management and learning outcomes rX₂Y = 0.625; t statistic = 6.040; significance value = 0.000), and (3) there is a high, positive, and significant simultaneous relationship between self-confidence and self-management and learning outcomes rX₁X₂Y = 0.775; F statistic = 42.121; significance value = 0.000). Therefore, self-confidence and self-management make a significant contribution to the learning outcomes of Industrial Automation Engineering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daryanto, M.T. ; 2). Ir. Drs. Parjiman, M.T.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Devandra Wijaya .
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:18
Last Modified: 04 Aug 2025 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57287

Actions (login required)

View Item View Item