PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK E-MODUL PADA MATA PELAJARAN KONSENTRASI KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (KKDKV) UNTUK SISWA KELAS XI DKV SMKN 56 JAKARTA

MUHAMMAD FADEL AMRULLAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK E-MODUL PADA MATA PELAJARAN KONSENTRASI KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (KKDKV) UNTUK SISWA KELAS XI DKV SMKN 56 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul interaktif pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Desain Komunikasi Visual (KKDKV) dengan materi Desain Brief untuk siswa kelas XI DKV di SMKN 56 Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah terbatasnya penggunaan media pembelajaran interaktif di kelas dan dominannya metode pembelajaran konvensional, yang mengakibatkan rendahnya keterlibatan dan pemahaman siswa. Pengembangan dilakukan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahapan Define (pendefinisian) untuk menganalisis masalah dan kebutuhan awal produk, Design (perancangan) untuk merancang tampilan awal dan pemilihan aset, Develop (pengembangan) untuk mengembangkan produk akhir dan menguji kelayakan produk, dan Disseminate (penyebaran) untuk menyebarkan produk terbatas kepada siswa XI DKV SMKN 56 Jakarta. Hasil validasi kelayakan oleh ahli materi menunjukkan skor 100% (Sangat Layak) dan oleh ahli media sebesar 80% (Layak). Uji coba dilakukan kepada 35 siswa menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS) dengan hasil skor 92,7%, yang masuk dalam kategori acceptable, pada grade A, dan berada dalam peringkat best imaginable. Berdasarkan hasil tersebut, e-modul interaktif ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran tambahan dalam mendukung proses pembelajaran Desain Brief di SMKN 56 Jakarta. ***** This study aims to develop an interactive e-module as a learning media for the Visual Communication Design Expertise Concentration (KKDKV) subject, focusing on Design Brief material for grade XI DKV students at SMKN 56 Jakarta. The background of this research is the limited use of interactive learning media in the classroom and the dominance of conventional methods, which lead to low student engagement and understanding. The development was carried out using the 4D model, consisting of The development process was carried out using the 4D model, which consists of four stages: Define, which involves analyzing problems and identifying the initial needs of the product; Design, which focuses on designing the initial appearance and selecting appropriate assets; Develop, which includes developing the final product and conducting feasibility testing; and Disseminate, which refers to the limited distribution of the product to grade XI DKV students at SMKN 56 Jakarta. The validation results showed a score of 100% from the material expert “Very Feasible” and 80% from the media expert “Feasible”. A field trial involving 35 students was conducted using the System Usability Scale (SUS), which resulted in a score of 92.7%, categorized as acceptable, at grade A, and rated “best imaginable”. Based on these results, the interactive e-module is considered highly feasible to be used as supplementary learning media for supporting the Design Brief learning process at SMKN 56 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Si, M.Ed.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 28442 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:14
Last Modified: 04 Aug 2025 08:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57503

Actions (login required)

View Item View Item