PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DAKWAH WALI SONGO KELAS X SMA NEGERI 51 JAKARTA

AHMAD ASHROVI, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DAKWAH WALI SONGO KELAS X SMA NEGERI 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ahmad Ashrovi, Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi PAI Dakwah Wali Songo Kelas X SMA Negeri 51 Jakarta, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan terkait penggunaan media pembelajaran audio-visual pada materi PAI Dakwah Wali Songo kelas X SMAN 51 Jakarta, (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Dakwah Wali Songo kelas X (3) Menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas X di SMAN 51 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental. Sampel yang digunakan pada masing-masing kelas berjumlah 35 dan 31 peserta didik untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, pra eksperimen (sebelum), treatment (perlakuan), dan pasca eksperimen (setelah). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran audio-visual, yaitu pada tahap akhir (posttest), memiliki signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian terlihat dari rata-rata uji N-Gain score, kelas eksperimen mendapat nilai 79% dengan kategori efektif dan kelas kontrol mendapat nilai 58,84% dengan kategori cukup efektif, kemudian terlihat dari nilai rata rata posttest pada kelas yang diberikan penggunaan media pembelajaran audio-visual adalah sebesar 90, lebih besar dari kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebesar 80,97. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Dakwah Wali Songo Kelas X. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio-Visual, Hasil Belajar Siswa, Materi Dakwah Wali Songo. ***** ABSTRACT Ahmad Ashrovi, The Effect of Audio-Visual Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Islamic Religious Education Material on Wali Songo Da'wah Grade X at SMAN 51 Jakarta” Islamic Education, Faculty of Social Sciences and Law, State University of Jakarta, 2025. This research aims to: (1) Determine the implementation of audio-visual learning media in the PAI Da'wah Wali Songo material for class X at SMAN 51 Jakarta, (2) Describe the learning outcomes of students in the PAI Da'wah Wali Songo material for class X, (3) Analyze the influence of audio-visual-based learning media on the learning outcomes of students in the PAI subject for class X at SMAN 51 Jakarta. The type of this research is a quantitative method with a quasi-experimental research design. The sample used in each class consisted of 35 and 31 students for the experimental and control classes, respectively. The data collection techniques used in this study consist of observation, pre-experiment (before), treatment, and post-experiment (after). The data analysis techniques used to test the hypothesis are the paired sample t-test, independent sample t-test, and N-Gain score test. The research results indicate that there is a significant effect of using audio-visual learning media, specifically at the final stage (posttest), with a significance level of 0.000 < 0.05. Then It can be seen from the average N-Gain score test, the experimental class received a score of 79% with an effective category and the control class received a score of 58.84% with a fairly effective category. Furthermore, it can be seen from the average posttest score in the class that used audio-visual learning media, which was 90, higher than the control class with the conventional learning model, which was 80.97. These results indicate that there is an influence of using audio-visual learning media on students' learning outcomes in the PAI subject on the Wali Songo Da'wah material for Class X. Keywords: Audio-Visual Learning Media, Student Learning Outcomes, Wali Songo Da’wah Material

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rihlah Nur Aulia, M.A. 2) Dr. Sari Narulita, Lc., M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Ashrovi .
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:13
Last Modified: 04 Aug 2025 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57621

Actions (login required)

View Item View Item