NURUL ERLANGGA, . (2025) ANALISIS SWOT GURU PJOK PADA PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH KECAMATAN KAMPUNG MAKASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru PJOK terhadap pemanfaatan media digital dalam pembelajaran di sekolah dasar wilayah Kecamatan Kampung Makasar, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan instrumen berupa angket skala Likert yang terdiri dari lima indikator, yaitu pengetahuan, frekuensi penggunaan, manfaat, hambatan, dan sikap terhadap media digital. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK dari 32 sekolah dasar negeri yang berada di wilayah tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan guru tentang media digital berada pada kategori “Baik” dengan persentase 80.21%; (2) frekuensi penggunaan media digital berada pada kategori “Baik” dengan persentase 73.75%; (3) manfaat media digital dinilai “Sangat Baik” dengan persentase 83.13%; (4) hambatan atau kendala yang dihadapi guru masih ada namun berada dalam kategori “Baik” sebesar 68.13% setelah pembalikan skor; dan (5) sikap guru terhadap media digital sangat positif dengan persentase 88.75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan persepsi guru PJOK terhadap pemanfaatan media digital dalam pembelajaran berada pada kategori positif dan siap untuk diintegrasikan secara lebih optimal. Kata kunci: persepsi guru, media digital, pembelajaran PJOK, sekolah dasar. *****ABSTRACT***** This study aims to describe the perceptions of Physical Education (PJOK) teachers regarding the utilization of digital media in elementary school learning in the Kampung Makasar District, East Jakarta. The research employed a descriptive quantitative approach using a Likert-scale questionnaire consisting of five indicators: knowledge, frequency of use, benefits, obstacles, and attitudes toward digital media. The sample comprised all PJOK teachers from 32 public elementary schools in the area. The data analysis revealed that: (1) teachers' knowledge of digital media was in the "Good" category with a percentage of 80.21%; (2) the frequency of digital media use was "Good" at 73.75%; (3) the perceived benefits of digital media were categorized as "Very Good" at 83.13%; (4) the obstacles faced by teachers were still present but rated "Good" at 68.13% after reverse scoring; and (5) teachers' attitudes toward digital media were very positive, reaching 88.75%. Thus, it can be concluded that overall, PJOK teachers' perceptions of the use of digital media in teaching are positive and indicate readiness for broader integration. Keywords: teacher perception, digital media, physical education, elementary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Mastri Juniarto M.Pd ; 2) Dr. Muhammad Gilang Ramadhan, S.Si.,M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 28972 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |