PENERAPAN PERMAINAN UNO STACKO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS VIII DI SMPN 74 JAKARTA

DEVI MELANA, . (2025) PENERAPAN PERMAINAN UNO STACKO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS VIII DI SMPN 74 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan permainan Uno Stacko sebagai media pembelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar murid kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 74 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan model Spiral yang terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test) dan non tes (observasi, dan dokumentasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F dengan jumlah 32 murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media permainan Uno Stacko sebagai media pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar murid. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil post-test yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada siklus 1, persentase ketuntasan hasil belajar adalah 71,875%, pada siklus 2 menjadi 78,125%, dan pada siklus 3, persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 87,5%. Selain itu, penerapan permainan Uno Stacko juga memberikan dampak positif pada peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Uno Stacko, Media Pembelajaran, Hasil Belajar IPS ***** The aim of this study is to improve the learning outcomes of grade VIII students by using the Uno Stacko game as a social studies learning tool. The research was conducted at SMP Negeri 74 Jakarta. The research method used was the Classroom Action Research (PTK) model of Kemmis and McTaggart, consisting of three cycles based on the Spiral model. Techniques for data collection included tests (pre-test and post-test) and non-tests (observation and documentation). The subjects of this study were 32 students from Class VIII F. The results of this study indicate that using the Uno Stacko game as a teaching aid in social studies can improve student learning outcomes. This is evident from the post-test results, which increased in each cycle. In cycle 1, the percentage completeness of learning outcomes was 71,875%; in cycle 2, it was 78,125%; and in cycle 3, it reached 87,5%. Additionally, the use of the Uno Stacko game positively impacted students' engagement in the classroom learning process. Keywords: Uno Stacko, Learning Media, Social Studies Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si ; 2). Saipiatuddin, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Devi Melana .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:08
Last Modified: 06 Aug 2025 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57955

Actions (login required)

View Item View Item