EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAZE MATERI DASAR-DASAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X MAN 1 KOTA BEKASI

DZAKY FAHRUL ROZY, . (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAZE MATERI DASAR-DASAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X MAN 1 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran maze materi dasar-dasar geografi pada siswa kelas X MAN 1 Kota Bekasi dengan latar belakang karena dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, penggunaan media pembelajaran dalam bentuk permainan membantu proses pembelajaran, membuat penyampaian pesan dan isi materi lebih mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini dilakukan pada Februari – Mei 2025. Geografi Maze merupakan papan permainan yang berisikan soal-soal dengan materi dasar-dasar geografi dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental dengan desain penelitian yaitu One Grup Pre test-Post test Design. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik random sampling dan sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen dengan jumlah siswa/i sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan peneliti mengajukan validasi media pembelajaran yang akan digunakan pada sampel kelas eksperimen kepada ahli materi dan ahli media di masing masing bidangnya. Adapun geografi maze berhasil mendapatkan predikat sangat layak dengan masing-masing penilaian sebesar 85,71% oleh ahli materi dan 93,33% oleh ahli media. Pada penelitian ini, uji instrumen dinyatakan valid dan reliabelbaik pre-test maupun post-test. Pada penelitian ini hasil penelitannya menggunakan uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil data yang telah di uji analisis data, bahwa media pembelajaran geografi maze dengan materi dasar-dasar geografi efektif dalam pembelajaran geografi di kelas eksperimen yang mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata rata 89 dari sebelumnya 52. Kesimpulan ini didukung dengan hasil yang memperoleh nilai N-Gain Score yaitu 76% dengan interpretasi “Efektif”. Maka dari itu, terdapat pengaruh positif pada proses pembelajaran di kelas X di MAN 1 Kota Bekasi setelah menggunakan media.***** This study aims to determine the effectiveness of Maze learning media for basic geography material for class X students of MAN 1 Bekasi City with the background that compared to conventional learning methods, the use of learning media in the form of games helps the learning process, making the delivery of messages and material content easier for students to accept. This study was conducted in February - May 2025. Geography Maze is a game board containing questions with basic geography material and the method used in this study is Quasi-Experimental with a research design, namely One Group Pre-test-Post-test Design. Sampling was carried out using random sampling techniques and the sample of this study consisted of one experimental class with a total of 34 students. The instrument used was a multiple-choice test of 20 questions and the researcher submitted the validation of the learning media that would be used in the experimental class sample to material experts and media experts in their respective fields. The geography Maze managed to get a very decent predicate with each assessment of 85.71% by material experts and 93.33% by media experts. In this study, the instrument test was declared valid and reliable both pre-test and post-test. . In this study, the results of the study used the N-Gain Score test. Based on the results of the data that have been tested for data analysis, that the geography Maze learning media with basic geography material is effective in geography learning in the experimental class which has increased by obtaining an average value of 89 from the previous 52. This conclusion is supported by the results that obtained an N-Gain Score value of 76% with the interpretation of "Effective". Therefore, there is a positive influence on the learning process in class X at MAN 1 Kota Bekasi after using the media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Dzaky Fahrul Rozy .
Date Deposited: 07 Aug 2025 00:42
Last Modified: 07 Aug 2025 00:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58021

Actions (login required)

View Item View Item