PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SASIS KENDARAAN RINGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SITI MUAWANAH, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SASIS KENDARAAN RINGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER_SITI MUAWANAH_9902921002_.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. BAB 1_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. BAB 2_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB 3_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB 4_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB 5_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. LAMPIRAN_SITI MUAWANAH_9902921002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yaitu flipped classroom (A1), STEM (A2), direct instruction (A3) dan pengetahuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi Pemeliharaan Sasis Kendaraan Ringan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain treatment by level 3 x 2 dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel penelitian tiga kelas. Instrumen hasil belajar menggunakan tes berbentuk pilihan ganda sedangkan instrumen pengetahuan metakognitif berupa instrumen non tes berbentuk inventory. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan uji F pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hipotesis pertama (H1): rata-rata hasil belajar yang menggunakan A1 (µA1) lebih tinggi dari A2 (µA2) dan A3 (µA3) adalah teruji; 2) Hipotesis kedua (H1): Interaksi A xB ≠ 0 adalah teruji; 3) Hipotesis ketiga yaitu µA1 > µA2 adalah teruji; 4) Hipotesis keempat yaitu µA1 > µA3 adalah teruji; 5) Hipotesis kelima yaitu µA2 > µA3 adalah teruji, 6) Hipotesis keenam yaitu µA1B1 > µA2B1 adalah teruji; 7) Hipotesis ketujuh yaitu µA1B1 > µA3B1 adalah teruji; 8) Hipotesis kedelapan yaitu µA2B1 > µA3B1 adalah teruji; 9) Hipotesis sembilan yaitu µA1B2 < µA2B2 adalah belum teruji; 10) Hipotesis kesepuluh yaitu µA1B2 < µA3B2 adalah belum teruji; 11) Hipotesis kesebelas yaitu µA2B2 < µA3B2 adalah belum teruji. Penggunaan berbagai model pembelajaran bisa meningkatkan hasil belajar siswa untuk pengetahuan metakognitif tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Flipped Classroom, STEM, Direct Instruction, Pengetahuan Metakognitif, Hasil Belajar, Pemeliharaan Sasis Kendaraan Ringan

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M. Pd. 2). Prof. Dr. Zulfiati Syahrial. M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: SITI MUAWANAH .
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:00
Last Modified: 06 Aug 2025 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58032

Actions (login required)

View Item View Item