PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN KOMPONEN LAPTOP BAGI SISWA KELAS X SMA ANGKASA 2 DENGAN MODEL HANNAFIN AND PECK

NUR ANGGA SAPUTRO, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN KOMPONEN LAPTOP BAGI SISWA KELAS X SMA ANGKASA 2 DENGAN MODEL HANNAFIN AND PECK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dengan guru informatika SMA Angkasa 2 Jakarta yang menunjukkan adanya kebutuhan akan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas X SMA Angkasa 2 Jakarta. Siswa dinilai lebih tertarik dan mudah memahami materi jika disampaikan secara visual dan auditif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video mengenai komponen laptop, agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas X SMA Angkasa 2 Jakarta. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Hannafin and Peck yang terdiri dari empat tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi revisi. Media yang dihasilkan berupa video edukatif yang menyampaikan materi secara visual dan auditif dengan menggabungkan elemen teks, gambar, dan suara. Pengujian dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan responden siswa. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini sangat layak dengan skor kelayakan 100%. Validasi oleh ahli media menghasilkan skor 95% yang juga berada dalam kategori sangat layak. Sementara itu, hasil uji coba kepada 73 siswa menunjukkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 85,65%, yang termasuk dalam kategori acceptable, excellent, dan berada pada grade A. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis video ini dinyatakan layak digunakan sebagai media tambahan dalam pembelajaran informatika, khususnya pada materi pengenalan komponen laptop. ***** This research was conducted based on interviews with the Informatics teacher at SMA Angkasa 2 Jakarta, which revealed the need for learning media that aligns with the characteristics of tenth-grade students. It was found that students tend to be more interested and better understand the material when it is delivered visually and auditorily. Therefore, this study aims to develop video-based learning media on laptop components to make the learning process more engaging, effective, and tailored to the needs of Grade X students at SMA Angkasa 2 Jakarta. The development of the media was carried out using the Research and Development (R&D) method with the Hannafin and Peck model, which consists of four stages: analysis, design, development, and evaluation/revision. The resulting product is an educational video that presents the material using visual and auditory elements, combining text, images, and narration. The media was evaluated by a subject matter expert, a media expert, and student respondents. The validation results from the subject matter expert showed a feasibility score of 100%, while the media expert gave a score of 95%, both of which fall into the "very feasible" category. Meanwhile, the user testing involving 73 students yielded a System Usability Scale (SUS) score of 85.65%, which is categorized as acceptable, excellent, and falls within grade A. Thus, the video-based learning media is considered suitable for use as supplementary instructional material in Informatics subjects, particularly for Introducing laptop components.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muhammad Ficky Duskarnaen, M.Sc. ; 2). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Nur Angga Saputro .
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:50
Last Modified: 08 Aug 2025 06:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58063

Actions (login required)

View Item View Item