AHMAD RIVALDY HAFIZ, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEO MOKSHAPAT (ULAR TANGGA) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PETA KELAS X SMAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
02 BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Geomokshapat (Ular Tangga) terhadap minat belajar siswa pada materi peta kelas X SMAN 14 Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentngnya pemilihan media pembelajaran yang variatif, guna mebuat minat setiap peserta didik menjadi tinggi. Adapun Minat terdiri dari empat Indikator, yakni perasaan senang, perhatan, keterlibatan, dan ketertarikan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metodologi quasi eksperimental dengan teknik analisis data yang peneliti gunakan ialah deskriptif presentase dan desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Jumlah Populasi pada Penelitian ini berjumlah 252 siswa, dimana terdapat 7 kelas di kelas X yang setiap kelasnya berjumlah 36 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni siswa kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas eksperimen 2 sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi menggunakan lembar observasi yang telah dibuat sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil observasi kelas eksperimen sebesar 81,47% dari 36 sub indikator penilaian, dengan kategori "Sangat Baik Sekali", sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh rata-rata sebesar 76,04% dari 36 sub indikator penilaian, dengan kategori "Sangat Baik". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasannya, dengan digunakannya media Geomokshapat secara individu, ternyata mampu memberikan hasil skor lebih tinggi, dibandingkan dengan kelas Eksperimen 2 yang juga memperoleh hasil yang tinggi namun tidak lebih tinggi dari kelas eksperimen ***** The purpose of this study is to examine the use of Geomokshapat (Snakes and Ladders) learning media on the learning interest of students in class X SMAN 14 Jakarta. The research methodology used is quantitative with a quasi-experimental design. The sampling technique used was non-probability sampling. The population size in this study was 252 students, consisting of 7 classes in grade X, with each class having 36 students. The sample used in this study was class X-6 as the experimental class and X-7 as the control class, with a total sample size of 72 students. Data collection was conducted through observation using a predesigned observation sheet. The data found were normal and homogeneous. Based on the study findings, the average observation results for the experimental class were 81.47%, categorized as “Very Good,” while the control class achieved an average of 76.04%, categorized as “Good.” Therefore, there is a difference in the use of the Geomokshapat learning media on students' learning interest in Grade X at SMAN 14 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Fauzi Ramadhoan A'Rachman, S.Pd 2). Dr. Aris Munandar, M.Si |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Ahmad Rivaldy Hafiz . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:52 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |