SYAFIMAH ANGGITA, . (2025) STRATEGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN NILAI KEBERLANJUTAN (STUDI KASUS RAPPO INDONESIA DI DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_1406621047.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I_1406621047.pdf Download (750kB) |
![]() |
Text
BAB II_1406621047.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_1406621047.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_1406621047.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_1406621047.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_1406621047.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_1406621047.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi kewirausahaan sosial yang dijalankan oleh Rappo Indonesia, sebuah usaha sosial yang memproduksi produk ramah lingkungan yang bernilai ekonomis dalam upaya pengelolaan sampah dan pemberdayaan perempuan. Penelitian ini berusaha menggali bagaimana Rappo Indonesia membangun nilai sosial, lingkungan, dan ekonomi dari sampah melalui proses inovatif dan partisipatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sejak bulan Oktober 2024 hingga Juni 2025. Penelitian berlokasi di Rappo Impact Centre Depok yang terletak di Jalan Akses Cening Ampe Blok K/No 1D, Sukamaju, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat dan melalui Google Meet. Subjek penelitian ini merupakan organisasi Rappo Indonesia sebagai entitas usaha sosial. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, sehingga informan dalam penelitian ini terdiri dari berbagai informan, yakni pendiri, empat karyawan, dan empat penerima manfaat atau mitra jahit. Penelitian ini dianalisis menggunakan konsep kewirausahaan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kewirausahaan sosial Rappo Indonesia lahir dari kepedulian terhadap isu sosial dan lingkungan, terutama pemberdayaan perempuan dan pengelolaan limbah plastik, yang mendorong integrasi misi sosial dengan pendekatan bisnis. Dalam pelaksanaannya, Rappo menerapkan elemen-elemen kewirausahaan sosial seperti orientasi pada misi, inovasi, aktivitas ekonomi, dan pelibatan masyarakat, sekaligus menjalankan strategi usaha untuk mencapai keseimbangan antara dampak sosial dan keberlanjutan ekonomi. Strategi yang digunakan meliputi pemberdayaan langsung, kolaborasi lintas sektor, dan optimalisasi sumber daya lokal, yang secara keseluruhan bertujuan membangun nilai sosial yang berkelanjutan. Nilai sosial yang terbagun meliputi tiga aspek yakni sosial, lingkungan, dan ekonomi selaras dengan pilar keberlanjutan. Kata Kunci: Kewirausahaan Sosial, Strategi Organisasi, Daur Ulang Sampah, Pemberdayaan Perempuan. ***** This research aims to understand the social entrepreneurship strategies implemented by Rappo Indonesia, a social enterprise that produces eco-friendly products with economic value as part of its waste management efforts and women's empowerment initiatives. The study seeks to explore how Rappo Indonesia builds social, environmental, and economic value from waste through innovative and participatory processes. A qualitative approach was used with a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation from October 2024 to June 2025. The research was conducted at the Rappo Impact Centre Depok, located at Jalan Akses Cening Ampe Blok K/No 1D, Sukamaju, Cilodong District, Depok City, West Java, and also through Google Meet. The subject of this research is Rappo Indonesia as a social enterprise entity. Source triangulation was applied, involving various informants including the founder, four employees, and four beneficiaries or sewing partners. This research was analyzed using the concept of social entrepreneurship and the Sustainable Development Goals (SDGs). The findings show that Rappo Indonesia's social entrepreneurship practices stem from a concern for social and environmental issues, particularly women's empowerment and plastic waste management, which led to the integration of a social mission with a business approach. In practice, Rappo applies key elements of social entrepreneurship such as mission orientation, innovation, economic activity, and community engagement, while also implementing business strategies to balance social impact with economic sustainability. These strategies include direct empowerment, cross-sector collaboration, and the optimization of local resources, all aimed at creating sustainable social value. The social value generated encompasses three dimensions: social, environmental, and economic, in accordance with the pillars of sustainability.Keywords: Social Entrepreneurship, Organizational Strategy, Waste Recycling, Women’s Empowerment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si. ; 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Syafimah Anggita . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:34 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 05:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |