SARITA TISARA PUTRIAFNI, . (2020) PENGARUH KEGIATAN KOKURIKULER SENI TARI TERHADAP EMOSI ANAK USIA 5 - 6 TAHUN (STUDI EX-POST FACTO DI TK NEGERI LATIHAN II JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (780kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (671kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan kokurikuler seni tari terhadap emosi anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Latihan II Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Latihan II Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan menggunakan 30 sampel penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan instrumen berupa kuisioner yang diisi oleh peneliti selama kegiatan di sekolah berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic inferensial yang menunjukkan hasil berupa skor dari penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung = 11,35 dan Ttabel = 1,701. Maka, Thitung > Ttabel yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara keikutsertaan anak dalam kegiatan kokurikuler seni tari dengan emosi anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Latihan II Jakarta. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan kokurikuler seni tari memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emosi anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Latihan II Jakarta. Implikasi dari penelitian ini adalah kegiatan kokurikuler seni tari memiliki pengaruh yang efektif untuk meningkatkan emosi pada anak usia dini. This aim of the study is to determine the effect of dance arts co-curricular activities on the emotion of children in age 5 – 6 years old at TK Negeri Latihan II Jakarta. This research method uses the ex-post facto method by using 30 research samples. The data collection technique used in this study was an instrument in the form of a questionnaire filled out by researchers during activities in school was held. The data analysis technique is descriptive statistics and inferential statistics which show the results in the form of scores from the study. Hypothesis test results show that Thitung > Ttabel, which means that there is a significant influence between the participation of children in dance co-corricular activities with the emotions of children aged 5 – 6 years old at TK Negeri Latihan II Jakarta. Thus it can be concluded that dance on the emotion of children aged 5 – 6 years old at TK Negeri Latihan II Jakarta. The implication of this research is that the dance arts co-curricular activities have an effective influence to improve the emotion in early childhood.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Winda Gunarti, M.Pd. ; 2). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 2127 not found. |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 16:30 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 16:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5837 |
Actions (login required)
View Item |