SHABRINA ALIFIA NADHIRA, . (2025) HUBUNGAN PENERAPAN HIDDEN CURRICULUM TERHADAP TINGKAT PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 109 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Shabrina Alifia Nadhira. Hubungan Penerapan Hidden Curriculum TerhadapTingkat Perilaku Sosial Peserta Didik Di SMA Negeri 109 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Kurikulum tersembunyi atau hidden curriculum adalah salah satu upaya penting dalam pembentukan perilaku sosial peserta didik yang sering terabaikan. Pembentukan perilaku sosial disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor lingkungan, faktor perilaku dan karakteristik orang lain, proses kognitif, dan tata budaya sebagai tempat perilaku dan pemikiran sosial itu terjadi, yang dapat tertuang dalam hidden curriculum. Di sekolah terdapat hal-hal yang tidak tertulis yaitu hidden curriculum sebagai wujud nyata dalam membentuk perilaku sosial peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan penerapan hidden curriculum terhadap tingkat perilaku sosial peserta didik di SMA Negeri 109 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini memiliki variabel bebas (X) adalah penerapan hidden curriculum dan variabel terikat (Y) adalah perilaku sosial peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama 4 bulan, dari bulan Maret sampai Juni 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 109 Jakarta yang berjumlah 246 peserta didik. Metode pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik sampel acak sederhana. Jumlah sampel sebanyak 152 responden yang diperoleh dari rumus slovin dengan toleransi kesalahan sebanyak 5%. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa jurnal, buku, dan makalah ilmiah. Serta data primer berupa kuesioner dengan skala likert yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, pengkategorian menggunakan analisis deskriptif, dan uji hipotesis yaitu uji spearman rank, dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 26 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan positif antara Hidden Curriculum terhadap tingkat Perilaku Sosial dengan hasil Uji korelasi Spearman menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,706 (p<0,05), sebesar 70,6% penerapan hidden curriculum berhubungan sangat kuat dengan tingkat perilaku sosial peserta didik SMAN 109 Jakarta. Dan 29,4% memiliki hubungan dengan faktor lain. Analisis tabulasi silang mengungkapkan bahwa semua kelompok demografis menunjukkan dominasi kategori sedang pada penerapan hidden curriculum, terdapat variasi signifikan dalam dampaknya terhadap perilaku sosial. Kata kunci: Kurikulum, Hidden Curriculum, Perilaku Sosial Peserta Didik ***** ABSTRACT Shabrina Alifia Nadhira. The Influence of Hidden Curriculum Implementation on Students' Social Behavior at State Senior High School 109 Jakarta. Thesis. Jakarta: Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences and Law, State University of Jakarta, 2025. The hidden curriculum is a crucial and often overlooked approach to shaping students' social behavior. The formation of social behavior is influenced by several factors, including environmental factors, the behavior and characteristics of others, cognitive processes, and the cultural context in which social behavior and thinking occur, all of which are reflected in the hidden curriculum. In schools, the hidden curriculum is an unwritten element that concretely shapes students' social behavior. The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between the implementation of the hidden curriculum and the level of social behavior of students at SMA Negeri 109 Jakarta. This study used a quantitative approach with a survey method. The independent variable (X) was the implementation of the hidden curriculum and the dependent variable (Y) was students' social behavior. The study lasted four months, from March to June 2025. The population was 246 eleventh-grade students at SMA Negeri 109 Jakarta. The sampling method used probability sampling with a simple random sampling technique. The sample size was 152 respondents, obtained using the Slovin formula with a 5% margin of error. This study used secondary data in the form of journals, books, and scientific papers. Primary data consisted of a Likert-scale questionnaire distributed via Google Forms. Data analysis techniques included validity testing, reliability testing, categorization using descriptive analysis, and hypothesis testing using the Spearman rank test, using IBM SPSS 26 and Microsoft Excel. The results showed a very strong and positive relationship between the Hidden Curriculum and social behavior. The Spearman correlation test yielded a correlation coefficient of 0.706 (p<0.05). 70.6% of the hidden curriculum implementation had a very strong relationship with the social behavior of students at SMAN 109 Jakarta. 29.4% of the hidden curriculum implementation had a relationship with other factors. Crosstab analysis revealed that all demographic groups exhibited moderate dominance in the hidden curriculum implementation, with significant variation in its impact on social behavior. Keywords: Curriculum, Hidden Curriculum, Students' Social Behavior
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Devi Septiandini, M.Pd 2). Ike Arriany, S.E., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Shabrina Alifia Nadhira . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 23:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 23:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |