PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK MAINAN KU (KoMaKu) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

YUWANDA ZERLINDA VIRGIYANTI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK MAINAN KU (KoMaKu) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (650kB)
[img] Text
LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (677kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (637kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (586kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (634kB)
[img] Text
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (626kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan literasi khususnya membaca permulaan berperan penting bagi kehidupan sehari-hari dan dimasa mendatang. Aktivitas membaca dilakukan untuk berbagai keperluan, mulai dari memperoleh informasi khusus, untuk sekedar hiburan, hingga untuk kepentingan studi. Kemampuan membaca sebaiknya mulai diajarkan sejak dini namun dengan cara yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk anak. Media yang inovatif tentu dapat meningkatkan minat anak dalam proses penyampaian informasi. Pada penelitian ini peneliti membuat karya inovatif berupa media pembelajaran Kotak Mainan Ku (KoMaKu) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan wawancara. Media yang telah dikembangkan di uji validitasnya oleh ahli media dengan tingkat validasi 97% dan di uji validitas kesesuaian materi dengan media oleh ahli materi dengan tingkat validasi 89%. Subject dari penelitian ini adalah 13 orang anak berusia 5-6 tahun di TK 17 Agustus dan TK Nur Alhidayah, Tebet dengan tingkat validasi 92%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa pengembangan media Kotak Mainan Ku (KoMaKu) sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. The development of literacy, especially early reading, plays an important role in daily life and even in the future. Reading activities are done for many purposes from getting specific information, entertainment, until education. Reading skills have to be taught earlier, but in interesting ways by using appropriate learning media for children. Innovative media can certainly improve children's interest in the process of delivering information. In this study, researcher creates an innovative learning media called as Kotak Mainan Ku (KoMaKu), to improve early reading skills for children at the age of 5-6 years. This study used Research and Development (RnD) with ADDIE development model. Data collection techniques used in this study were questionnaire and interview. The media that have been modified were tested for validity by the media experts with 97% validity rate. It was also tested for material validity of the media by material experts with 89% validity rate. The participants of this study were 13 children at the age of 5-6 years at TK 17 Agustus and TK Nur Alhidayah, Tebet, with 92% validity rate. Based on the findings, it can be concluded that the development of Kotak Mainan Ku (KoMaKu) is very appropriate to be used by children at the age of 5-6 years to improve their reading skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd.; 2). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 897 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 16:58
Last Modified: 27 Mar 2020 16:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5844

Actions (login required)

View Item View Item