PEMANFAATAN MODAL SEBAGAI STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG DI KANTIN SEKOLAH (STUDI KASUS: EMPAT PEDAGANG DI KANTIN SMPN 193 JAKARTA TIMUR)

LIFIYA LATIFAH NUR, . (2025) PEMANFAATAN MODAL SEBAGAI STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG DI KANTIN SEKOLAH (STUDI KASUS: EMPAT PEDAGANG DI KANTIN SMPN 193 JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy

Abstract

Lifiya Latifah Nur, Pemanfaatan Modal sebagai Strategi Bertahan Pedagang di Kantin Sekolah (Studi Kasus: Empat Pedagang di Kantin SMPN 193 Jakarta Timur). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu, pertama untuk mendeskripsikan modal-modal yang dimiliki oleh pedagang di kantin SMPN 193 Jakarta Timur. Kedua, untuk mendeskripsikan pemanfaatan modal sebagai strategi bertahan pedagang dalam mempertahankan keberlangsungan usaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode berupa studi kasus. Subjek dalam penelitian ini di antaranya terdiri dari empat informan kunci, satu informan pendukung, dan empat informan tambahan dengan lokasi penelitian berada di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Kemudian teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesi sebagai pedagang kantin dipilih sebagai bentuk adaptasi terhadap keterbatasan akses pada sektor pekerjaan formal. Pilihan ini sejalan dengan karakteristik sektor informal, di mana pekerjaan informal muncul sebagai respon atas tidak terserapnya tenaga kerja secara optimal dalam sektor formal. Rendahnya tingkat pendidikan, keterbatasan keterampilan, serta minimnya akses terhadap lapangan kerja formal menjadi faktor utama yang mendorong individu untuk memilih berdagang di lingkungan sekolah sebagai alternatif mata pencaharian. Dalam menjalankan aktivitas ekonominya, para pedagang kantin memanfaatkan berbagai bentuk modal yang dimiliki. Modal finansial berupa uang tunai yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional harian. Modal fisik berupa peralatan operasional usaha. Modal manusia berupa keterampilan memilih produk dagangan dan berkomunikasi dengan pelanggan. Modal sosial berupa relasi baik yang terjalin antara pedagang dengan siswa, pihak koperasi, sesama pedagang, guru dan warga sekolah lainnya, serta mitra atau pemasok bahan baku. Strategi bertahan yang dijalankan oleh para pedagang sangat bergantung pada pemanfaatan yang optimal atas berbagai bentuk modal tersebut. Pemanfaatan modal sebagai strategi bertahan yang dilakukan oleh pedagang cenderung sama. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa hubungan sosial antara pedagang dengan warga sekolah, khususnya dengan pihak koperasi, siswa, dan sesama pedagang berperan sebagai modal sosial yang strategis dalam menunjang keberlangsungan dan keberhasilan pemanfaatan modal-modal lainnya. Kata Kunci: Pekerja Informal, Pemanfaatan Modal, Strategi Penghidupan. ***** Lifiya Latifah Nur, The Utilization of Capital as a Survival Strategy among School Canteen Vendors (Case Study: Four Vendors at the Canteen of SMPN 193 East Jakarta). Thesis, Jakarta: Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences and Law, Jakarta State University, 2025. This study has two objectives. First, to describe the various forms of capital possessed by canteen vendors at SMPN 193 East Jakarta. Second, to explore how these forms of capital are utilized as survival strategies to sustain their businesses. This research employs a qualitative approach using a case study method. The subjects include four key informants, one supporting informant, and four additional informants, with the research site located in the Cakung area of East Jakarta. Data collection techniques involved observation, interviews, documentation, and literature review. The findings indicate that the profession of being a school canteen vendor is chosen as a form of adaptation to limited access to formal employment sectors. This choice aligns with the characteristics of the informal sector, where informal work emerges as a response to the inadequate absorption of labor in the formal sector. Low levels of education, limited skills, and restricted access to formal employment opportunities are the main factors driving individuals to engage in school-based trading as an alternative livelihood. In conducting their economic activities, the vendors utilize various forms of capital. Financial capital consists of cash used for daily operational needs. Physical capital includes the tools and equipment necessary for business operations. Human capital encompasses skills in product selection and customer communication. Social capital refers to the strong relationships built with students, the school cooperative, fellow vendors, teacher and other school members, as well as partners or suppliers of raw materials. The vendors survival strategies heavily rely on the optimal use of these forms of capital. The ways in which the vendors utilize capital as a survival strategy tend to be similar across cases. Furthermore, the study shows that the social relationships vendors build with the school community, particularly with the cooperative, students, and fellow vendors, function as strategic social capital that supports the continuity and effectiveness of their overall capital utilization. Keywords: Informal Worker, Capital Utilization, Livelihood Strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Siswanto, M.Si. 2). Devi Septiandini, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 28849 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:04
Last Modified: 07 Aug 2025 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58498

Actions (login required)

View Item View Item