PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN LIRIK LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JAKARTA

YOLLANDA MEGA PUTRI, . (2016) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN LIRIK LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
3. SKRIPSI-YOLLANDA MEGA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
4. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan lirik lagu terhadap kemampuan menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2014-2015, semester dua pada Mei di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experiment Design. Adapun bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil perhitungan melalui uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, diperoleh sebesar 2,38 dan sebesar 2,41, dengan dk = 29 pada taraf signifikasi (α) = 0,01, jadi = 2,38 > = 2,41. Maka, dapat disimpulkan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Hasil perhitungan melalui uji-t, diperoleh sebesar 6,239, pada dk = 58, dengan taraf signifikansi = 0,05. Sedangkan, hasil interpolasi diperoleh sebesar 2,002 sehingga 6,239 > = 2,002. Maka, dapat disimpulkan bahwa ditolak (ada pengaruh), artinya terdapat pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan lirik lagu terhadap kemampuan menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan lirik lagu dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada teks eksplanasi dan teks lainnya, serta dapat diterapkan dalam Kurikulum 2013 ataupun KTSP. Metode ini dapat membantu siswa dalam merangkai ide untuk menyusun teks eksplanasi melalui memahami dan menemukan gagasan utama dari bacaan dan lirik lagu yang telah dibaca. Adapun saran bagi guru yang menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan lirik lagu, yaitu jika guru menerapkannya dalam Kurikulum 2013, maka pembelajaran dengan metode ini dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran saintifi. Jadi metode ini bukan menjadi metode khusus melainkan konsep pembelajaran yang dapat terintegrasi dengan model pembelajaran lain. Saran untuk guru yaitu perlu memperhatikan siswa agar dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompoknya dengan menghargai masing-masing individu untuk memaksimalkan potensinya karena keberhasilan pembelajaran kelompok berdasarkan tanggung jawab individu kepada kelompok dan bagaimana cara kerja kelompok untuk dapat saling membantu terhadap anggotanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, M.Phil (Ling.), ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2020 16:42
Last Modified: 17 Mar 2020 16:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item