RAHAYU DWI UTAMI, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FIle Cover OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
File Bab 1.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text
File Bab 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka .pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis media interaktif merupakan upaya penciptaan solusi atas persoalan yang berkaitan dengan perilaku disiplin pada anak usia dini di Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran kontekstual berbasis media interaktif untuk meningkatkan perilaku disiplin pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Pada uji kelayakan, partisipan penelitian ini adalah 4 ahli yang berkompeten di bidangnya masing-masing, seperti ahli materi PAUD, media, model pembelajaran dan bahasa. Pada uji efektivitas, sampel penelitian ini melibatkan 117 orang anak yang terbagi menjadi 22 orang anak pada uji coba terbatas, 55 orang anak pada uji coba skala besar dan 40 orang anak pada uji lapangan operasional, serta melibatkan 7 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku disiplin merupakan salah satu faktor perilaku penting dalam membangun kemampuan anak untuk menaati peraturan yang mencakup kepatuhan, ketertiban dan keteraturan; 2) Proses pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis media interaktif dapat dikonstruksi secara teoritik menjadi model pembelajaran bermain kontekstual; 3) Model pembelajaran kontekstual berbasis media interaktif menunjukkan kelayakan yang sangat baik dari sisi konseptual dan uji empirik; 4) Penggunaan model pembelajaran kontekstual berbasis media interaktif telah terbukti efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin pada anak usia dini. Model pembelajaran bermain kontekstual mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini. ***** The purpose of this research is to develop a contextual learning model based on interactive media to improve discipline behavior in early childhood. The research method used is research and development (R&D). In the feasibility test, the participants consisted of four experts who are competent in their respective fields, such as early childhood education (ECE) content experts, media experts, learning model experts, and language experts. In the effectiveness test, the research sample involved 117 children, consisting of 22 children in a limited trial, 55 children in a large-scale trial, and 40 children in an operational field trial, as well as 7 teachers. The results of the study show that: 1)Discipline behavior is one of the important behavioral factors in developing children's ability to follow rules, including obedience, order, and regularity; 2) The development process of the contextual learning model based on interactive media can be theoretically constructed into a contextual play-based learning model; 3) The contextual learning model based on interactive media demonstrates excellent feasibility from both conceptual and empirical perspectives; 4) The use of a contextual learning model based on interactive media has been proven effective in improving discipline behavior in early childhood. The contextual play-based learning model is able to create an interactive, enjoyable, and meaningful learning environment for young children.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Yufiarti, M. Psi. 2. Dr. Hapidin, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Rahayu Dwi Utami . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:20 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |