BRAHMANSYAH RAJIF PAMUNGKAS, . (2025) ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS CALON GURU VOKASIONAL PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mengelola kelas calon guru vokasional Program Keahlian Konstruksi Bangunan pada Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di DKI Jakarta. Sampel penelitian ini adalah 17 mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dan 286 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed-methods sequential explanatory design. Data kuantitatif berasal dari kuesioner skala Likert dan data kualitatifnya berasal dari hasil observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa calon guru vokasional mampu membangun suasana kelas yang positif (76,2%) dan mencegah masalah yang akan terjadi (72,0%), akan tetapi calon guru vokasional masih belum mampu menangani masalah yang telah terjadi (53,4%) dan belum mampu menciptakan sistem kelas yang efektif (46,0%). Beberapa sub-indikator yang juga menunjukkan kelemahan diantaranya antusiasme dalam mengajar, memberikan pujian dan teguran, memberikan hadiah dan hukuman, pembinaan, pengelolaan penggunaan ponsel, mendesain ruang kelas, memotivasi peserta didik, serta menjalin hubungan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa calon guru vokasional masih memerlukan pelatihan lanjutan dan supervisi lapangan untuk meningkatkan keterampilan mengelola kelas mereka. / This study aims to examine the classroom management skills of prospective vocational teachers in the Building Construction Expertise Program as they practice their teaching skills in DKI Jakarta. There were 17 building engineering education students and 286 school students chosen through purposive sampling. The method used in this study was a mixed-methods sequential explanatory design. The quantitative data from a Likert-scale questionnaire and qualitative data from classroom observations were collected directly. The results show that prospective vocational teachers can create a good classroom environment (76.2%) and prevent issues from occurring (72.0%), but they struggle with managing existing issues (53.4%) and establishing ineffective classroom systems (46.0%). Some of the sub-indicators that also showed weaknesses were enthusiasm for teaching, giving praise and criticism, giving rewards and punishments, coaching, managing cell phone use, designing classrooms, motivating students, and building relationships. These results indicated that they required additional training and real-world examples to enhance their classroom management skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2) Dr. M. Agphin Ramadhan, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Brahmansyah Rajif Pamungkas . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |