PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN KEBENCANAAN TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN PESERTA DIDIK MENGHADAPI BANJIR DI SD NEGERI LEUWINUTUG 03, CITEUREUP, JAWA BARAT

INTAN AULIA, . (2025) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN KEBENCANAAN TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN PESERTA DIDIK MENGHADAPI BANJIR DI SD NEGERI LEUWINUTUG 03, CITEUREUP, JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Bogor termasuk wilayah rawan bencana banjir akibat tingginya intensitas curah hujan. Mengingat risiko tersebut, pemberian pemahaman tentang kesiapsiagaan saat menghadapi ancaman menjadi hal yang penting. Pendidikan adalah strategi efektif untuk mengurangi risiko bencana, terutama dengan mengintegrasikan materi kebencanaan di sekolah-sekolah di wilayah rawan. Pemanfaatan video pembelajaran di sekolah menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pengaruh video pembelajaran kebencanaan terhadap pengetahuan kesiapsiagaan peserta didik menghadapi banjir di SD Negeri Leuwinutug 03. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VI dengan jumlah 60 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal untuk pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis dan uji n-gain. Hasil dari uji paired sample t-test menunjukkan t-hitung sebesar 15,416 yang lebih besar dari t-tabel 1,67109, dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 dan α 0,05. Oleh karena itu, karena nilai Sig (2-tailed) lebih kecil dari α, Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan peserta didik. Berdasarkan analisis penelitian, video pembelajaran kebencanaan memiliki pengaruh terhadap pengetahuan kesiapsiagaan peserta didik untuk menghadapi bencana banjir di tingkat sekolah. ***** Bogor Regency is prone to flooding due to high rainfall intensity. Given this risk, it is important to raise awareness about preparedness when facing threats. Education is an effective strategy for reducing disaster risks, particularly by integrating disaster-related materials into schools in high-risk areas. The use of educational videos in schools is one effort to enhance knowledge and preparedness in dealing with flood disasters. This study aims to determine the use of the effect of disaster learning videos on the knowledge of students' preparedness for flooding at SD Negeri Leuwinutug 03. This study used a quantitative method with a pre-experimental approach of the type one group pretest-posttest design. The research sample was grade VI students with a total of 60 students. This study used an instrument in the form of a multiple choice test of 15 questions for pretest and posttest. Data analysis was carried out using paired sample t-test to test the hypothesis and n-gain test. The results of the paired sample t-test show a t-count of 15.416 which is greater than the t-table of 1.67109, with a Sig (2-tailed) value of 0.000 and α 0.05. Therefore, since the Sig (2-tailed) value is smaller than α, thus, the null hypothesis (Ho) is rejected, which states that there is an increase in students' preparedness knowledge. Based on the research analysis, disaster learning videos have an influence on students' preparedness knowledge to deal with flood disasters at the school level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. ; 2). Dr. Aris Munandar, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Intan Aulia .
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:12
Last Modified: 08 Aug 2025 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58890

Actions (login required)

View Item View Item