IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI PENELITIAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA KARTINI 1 JAKARTA

SHANEISYA SHAVIRA SHANI, . (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI PENELITIAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA KARTINI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER REVISI_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1 (3).pdf

Download (370kB)
[img] Text
03 BAB 2 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (319kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran treffinger pada mata pelajaran Penelitian Geografi Kelas X di SMA Kartini 1 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi kelas ekperimen dan kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran treffinger, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah dan pemberian tugas). Hasil menunjukkan bahwa performa kedua kelas mengalami peningkatan. Namun, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang relatif lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata nilai naik dari 58,29 menjadi 80,57, sedangkan nilai kelas kontrol meningkat dari 56,86 menjadi 68,00. Selain itu, hasil analisis uji t sampel independen memperoleh nilai signifikan (2tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas X SMA Kartini 1 Jakarta setelah menggunakan model pembelajaran treffinger dalam pembelajaran geografi. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Treffinger, Hasil Belajar, Siswa ***** This study aims to analyze student learning outcomes using the Treffinger learning model in Geography Research Class X subjects at SMA Kartini 1 Jakarta. The method used is experimental method with pretest-posttest control group design. The sample of the study used purposive sampling technique and was equally divided into an experimental class and a control class of 35 students each. The data collection techniques used are tests and obervations. The experimental class was taught using the Treffinger learning model, while the control class was taught using the conventional learning model (lecture and assignment). The findings showed that the performance of the two classs was improved. However, the experimental class demonstrated a relatively better improvement compared to the control class with the average score rising from 58,29 to 80,57, while the control class scores increased from 56,86 to 68,00. Moreover, the results of the independent sample t-test analysis obtained significant values (2-tailed) of 0.001 < 0.05, indicating that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, there is an increase in student learning outcomes in class X at SMA Kartini 1 jakarta after using the Treffinger learning model in geography learning. Keywords : Learning Model, Treffinger, Learning Outcomes, Student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ahman Sya, M.Pd., M.Sc. ; 2). Fauzi Ramadhoan A’Rachman, S.Pd., M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Shaneisya Shavira Shani .
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:07
Last Modified: 08 Aug 2025 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58923

Actions (login required)

View Item View Item