PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN HUMAS SISWA KELAS XI MANAJEMEN PERKANTORAN SMKS TIRTA SARI SURYA

INTAN SEPTIANY SIMBOLON, . (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN HUMAS SISWA KELAS XI MANAJEMEN PERKANTORAN SMKS TIRTA SARI SURYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran humas siswa kelas XI Manajemen Perkantoran SMKS Tirta Sari Surya. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMKS Tirta Sari Surya sebanyak 164 siswa dengan jumlah sampel 105 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert yang dioperasikan dengan program SPSS versi 31.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar. (4) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Maka dapat disimpulkan jika motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya secara simultan memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Motivasi belajar menjadi faktor dominan yang mendorong siswa untuk lebih giat dan fokus dalam memahami materi pelajaran, disiplin belajar memperkuat kebiasaan belajar yang teratur dan bertanggung jawab, sedangkan lingkungan teman sebaya memberikan dukungan sosial yang positif dalam proses belajar. Oleh karena itu, upaya peningkatan hasil belajar siswa perlu mempertimbangkan pengembangan ketiga aspek tersebut secara berkesinambungan. **** This study aims to determine the effect of learning motivation, learning discipline, and peer environment on the cognitive learning outcomes of public relations subjects for grade XI students majoring in Office Management at SMKS Tirta Sari Surya. The research method used by the researcher is the survey method. The sampling technique used in this study is the saturated sample technique. The population consisted of 164 eleventh-grade students at SMKS Tirta Sari Surya, with a sample size of 105 respondents. Data collection was conducted through a questionnaire using a Likert scale, analyzed using SPSS version 31.0. The results of this study indicate that: (1) There is a direct, positive, and significant influence of learning motivation on learning outcomes. (2) There is a direct, positive, and significant influence of learning discipline on learning outcomes. (3) There is a direct, positive, and significant influence of peer environment on learning outcomes. (4) There is a direct, positive, and significant influence of learning motivation, learning discipline, and peer environment together on learning outcomes. Therefore, it can be concluded that learning motivation, learning discipline, and peer environment simultaneously play an important role in improving students' cognitive learning outcomes. Learning motivation is the dominant factor that encourages students to be more diligent and focused in understanding lesson materials, learning discipline reinforces regular and responsible learning habits, while the peer environment provides positive social support in the learning process. Therefore, efforts to improve student learning outcomes should consider the continuous development of these three aspects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M ; 2). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Intan Septiany Simbolon .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:37
Last Modified: 08 Aug 2025 02:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58976

Actions (login required)

View Item View Item