PENGARUH MODUL “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA BENCANA GEMPA BUMI” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LABSCHOOL KEBAYORAN

SADAM, . (2025) PENGARUH MODUL “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA BENCANA GEMPA BUMI” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LABSCHOOL KEBAYORAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sadam. 1402621050. Pengaruh Modul “Pemberdayaan Masyarakat Pada Bencana Gempa Bumi” Terhadap Tingkat Pengetahuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Peserta Didik Kelas XI SMA Labschool Kebayoran. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta. 2025. Mitigasi bencana menjadi prioritas untuk mengurangi risiko dari bencana gempa bumi yang sering terjadi. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta didik tentang bencana menjadi salah satu langkah penting dalam mitigasi tersebut. Memberikan pendidikan mitigasi bencana gempa bumi kepada peserta didik harus menjadi prioritas utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul ”Pemberdayaan Masyarakat Pada Bencana Gempa Bumi” terhadap tingkat pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi peserta didik kelas XI SMA Labschool Kebayoran. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian merupakan peserta didik kelas XI SMA Labschool Kebayoran yang mengambil mata pelajaran geografi yang berjumlah 60 peserta didik. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan khusus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan pada hasil pre- test dan post-test, dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 59,57% dan post-test 85,83%. Dengan demikian, terdapat pengingkatan sebesar 26,26% terhadap tingkat pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi peserta didik Hasil uji statistika dengan Uji t berpasangan menunjukan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari batas signifikansi 0,05 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa modul ”Pemberdayaan Masyarakat Pada Bencana Gempa Bumi” memberikan pengaruh terhadap pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi peserta didik kelas XI SMA Labschool Kebayoran. Kata Kunci: Gempa Bumi, Mitigasi, Modul, Pengetahuan ******* Sadam. 1402621050. The Effect of the Module “Pemberdayaan Masyarakat Pada Bencana Gempa Bumi” on the Level of Earthquake Disaster Mitigation Knowledge of Students of Class XI SMA Labschool Kebayoran. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences and Law, State University of Jakarta. 2025. Earthquakes are one of the disasters that often occur in almost all parts of Indonesia, this is because Indonesia is located in the Ring of Fire. Disaster mitigation is a priority to reduce the impact of earthquake disasters that occur. This study aims to determine the effect of the “Community Empowerment in Earthquake Disaster” module on the level of knowledge of earthquake disaster mitigation of students of class XI SMA Labschool Kebayoran. The research used a descriptive quantitative approach with a quasi-experimental design. The population in the study were students of class XI SMA Labschool Kebayoran who took geography subjects totaling 60 students. Data was collected through pre-test and post-test to measure the difference in learning outcomes before and after being given special treatment. the results showed a significant increase in pre-test and post-test results, with an average pre-test score of 59.57% and a post-test of 85.83%. Thus, there is an increase of 26.26% in the level of earthquake disaster mitigation knowledge of students The results of statistical tests with paired t tests show a significance value of 0.000 less than the significance limit of 0.05, thus the alternative hypothesis (Ha) is accepted, while the null hypothesis (H0) is rejected. This shows that the module “Community Empowerment in Earthquake Disasters” has an influence on the knowledge of earthquake disaster mitigation of students of class XI SMA Labschool Kebayoran. Keywords: Earthquake, Knowledge, Mitigation, Module

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Ilham Badaruddin Mataburu, S.Si., M.Si Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Sadam .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:33
Last Modified: 08 Aug 2025 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59058

Actions (login required)

View Item View Item