HUBUNGAN JARAK TEMPAT TINGGAL DAN WAKTU TEMPUH KE SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 50 JAKARTA

TAMARINA SOMARA DORIA, . (2025) HUBUNGAN JARAK TEMPAT TINGGAL DAN WAKTU TEMPUH KE SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
01%20COVER_compressed.pdf

Download (662kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jarak tempat tinggal dan waktu tempuh ke sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 50 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 50 Jakarta pada bulan Mei sampai dengan Juni 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi jenjang kelas XI Peminatan Geografi dalam Kurikulum Merdeka yang terbagi menjadi kelas XI-3 dan XI-7. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling sebanyak 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa instrumen kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta data sekunder hasil belajar siswa berupa Penilaian Harian (PH). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan jarak tempat tinggal dan waktu tempuh ke sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 50 Jakarta. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh taraf signifikansi (Sig.) 0,003 karena signifikansi lebih kecil dari 0,005 (0,003 < 0,005), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan analisis korelasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,353 dengan derajat hubungan lemah. Artinya terdapat faktor lain yang menentukan hasil belajar siswa selain jarak tempat tinggal dan waktu tempuh ke sekolah. Jarak tempat tinggal dan waktu tempuh ke sekolah dapat menentukan hasil belajar siswa sebesar 35,3% yang diperoleh dari segala aspek, sementara sisanya sebesar 64,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Jarak Tempat Tinggal, Waktu Tempuh, Hasil Belajar **** This study aims to determine the relationship between distance from residence and travel time to school on the learning outcomes of eleventh-grade students at SMA Negeri 50 Jakarta. The study was conducted at SMA Negeri 50 Jakarta from May to June 2024. The research method used was correlational. The population in this study were eleventh-grade students majoring in Geography in the Independent Curriculum, divided into grades XI-3 and XI-7. The sample size was 70 using a total sampling method. Data collection techniques used were primary and secondary data. The primary data consisted of a closed-ended questionnaire that had been tested for validity and reliability, while secondary data consisted of student learning outcomes in the form of Daily Assessments (PH). The data analysis technique used in this study was Pearson Product Moment correlation analysis. The study concluded that there is a relationship between residential distance and travel time to school and the learning outcomes of eleventh-grade students at SMA Negeri 50 Jakarta. The calculation results obtained a significance level (Sig.) of 0.003. Because the significance is less than 0.005 (0.003 < 0.005), Ho is rejected and Ha is accepted. The correlation analysis results obtained a coefficient value of 0.353, indicating a weak relationship. This means that other factors determine student learning outcomes besides residential distance and travel time to school. Residential distance and travel time to school can determine student learning outcomes by 35.3%, obtained from all aspects, while the remaining 64.7% is determined by other factors not included in this study. Keywords: Residential Distance, Travel Time, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Tamarina Somara Doria .
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:56
Last Modified: 08 Aug 2025 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59081

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item